Survei indEX:Coattail Effect hanya Didapat PDIP, PKB dan Gerindra

07 Dec 2018 13:06 Politik

Survei politik dari Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan pemilihan presiden 2019 hanya memberikan Coattail Effect bagi tiga parpol yakni PDI Perjuangan, Gerindra dan Partai Kebangkitan Bansa (PKB).

Sedangkan parpol lainnya baik itu pendukung pasangan nomor urut 01 maupun 02 sama sekali tak kebagian Coattail Effect ini.

Untuk parpol pendukung Jokowi-Maruf Amin, Coattail Effect terbesar dirasakan oleh PDI Perjuangan. Partai pimpinan Megawati Soekarno Putri ini kini meraih kenaikan elektabilitas yang cukup signifikan dari 19,0 persen di pileg 2014 saat ini meningkat menjadi 23,1 persen.

"Hal yang sama didapatkan PKB. Bahkan PKB kini menyodok ke posisi keempat dengan elektabilitas 7,3 persen," kata Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam keterangan persnya, Jumat 7 Desember 2019.

Di luar PDI Perjuangan dan PKB, hampir seluruh parpol pengusung Jokowi-Maruf tak mampu mendapatkan berkah dari Coattail Effect.

Meski begitu, khusus Partai Golkar tetap masih cukup kuat dan kemungkinan masih mampu berada di posisi dua dengan raihan 12,8 persen.

Sedangkan Nasdem dan PPP kemungkinan akan berada di bawah ambang batas presidential treshold. Nasdem hanya mendapatkan 3,4 persen; sedangkan PPP hanya 3,1 persen.

Sedangkan untuk parpol pendukung Prabowo-Sandi, Coattail Effect hanya dimonopoli Gerindra dengan raihan elektabilias mencapai 12,3 persen.

"Gerindra ini bahkan berpeluang menggeser Partai Golkar. Coattail Effect hanya didapatkan Gerindra karena sosok Prabowo dan Sandi merupakan representasi Gerindra sehingga kemungkinan menggeser Golkar masih cukup kuat," kata Vivin.

Sementara parpol pendukung Prabowo-Sandi lainnya, kemungkinan akan babak belur. Kegagalan Demokrat mengusung Agus Harimurti Yudhoyono misalnya, menjadikan partai Demokrat kini setengah hati mendukung Prabowo-Sandi.

Dari hasil survei indEX menunjukkan Demokrat hanya berada di posisi lima dengan elektabilitas 5,4 persen. Sedangkan PKS hanya meraih 3,0 persen; dan PAN hanya mendapatkan 2,3 persen.

Hasil survei indEX:

PDIP 23,1%

Golkar 12,8%

Gerindra 12,3%

PKB 7,3%

Demokrat 5,4%

Nasdem 3,4%

PPP 3,1%

PKS 3,0%

Perindo 2,9%

PAN 2,3%

Hanura 1,5%

PSI 1,2%

PBB 0,5%

PKPI 0,3%

Garuda 0,2%

Berkarya 0,1%

Tidak tahu/tidak jawab 20,6%

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini