Surat Perpisahan, Kangin Resmi Keluar dari Super Junior

11 Jul 2019 21:00 ngopiK-pop

Kangin atau Kim Young Woon resmi keluar dari Super Junior (Suju), boygroup yang telah membesarkan namanya dalam 14 tahun terakhir. Keputusan ini diambil setelah dua tahun Kangin tak pernah lagi ikut dalam aktivitas Super Junior. Diduga, skandal yang kerap melekap pada Kangin yang menyebabkan dirinya mundur dari Super Junior.

Skandal pertama, Kangin terlibat perkelahian di sebuah bar di Gangnam, Seoul, pada 2009 atau empat tahun setelah debut pertama Super Junior. Tak lama, ia menabrak taksi yang sedang parkir dan melarikan diri. Namun akhirnya, dia menyerahkan diri setelah enam jam kemudian. Kondisi Kangin tengah mabuk.

Setelah vakum lama, Kangin kembali bersama Super Junior pada Juli 2012. Namun tiga tahun kemudian, dia kembali terjerat masalah karena mangkir dari kewajiban sesi pelatihan militer selama 72 jam.

Lagi-lagi kesalahan yang sama diulang Kangin. Dia menabrak lampu di Sinsa-dong, Seoul, kemudian melarikan diri, pada 2016. Dua tahun lalu, Kangin diduga melakukan kekerasan pada kekasihnya di sebuah restoran kawasan Gangnam. Saat itu, dia dilaporkan dalam kondisi mabuk.

SJ Label, anak agensi SM Entertainment (SME) yang menaungi aktivitas Super Junior, mengungkap alasan keluar Kangin dengan keadaan baik-baik. Mereka menghormati keputusan sang idola. Meski tak lagi bersama Super Junior, Kangin akan tetap menyelesaikan kontrak dengan SME, tapi tanpa aktivitas apapun.

Sementara itu lewat Instagramnya, Kangin menuliskan sebuah surat panjang untuk penggemar. Ia pun mengungkapkan alasan mengapa sampai memutuskan untuk meninggalkan grup yang sudah bersamanya selama 14 tahun tersebut.

"Halo ini Kangin. Sudah cukup lama sejak aku menuliskan surat untuk kalian. Perasaanku sama beratnya dengan pesan yang akan kusampaikan, tapi setelah perdebatan panjang, aku menuliskan ini untuk kalian.

Mulai saat ini, aku berencana meninggalkan nama Super Junior yang sudah lama kupakai.

Tak ada perasaan lain selain bersalah pada semua memberku.

Aku selalu merasa kalau harusnya mengambil keputusan ini sejak dulu, tapi karena orang-orang baik yang terus mendukungku dalam kondisi apapun bahkan meski aku bersalah, serta para staffku, aku tidak berani untuk melakukannya, dan aku juga merasa kalau ini bukan situasi yang aku bisa memutuskannya seorang diri," tulisnya di Instagram.

Instagram Kangin berisi surat pamitan ke fans Super Junior ELF
Instagram Kangin berisi surat pamitan ke fans Super Junior, ELF.

Kangin melanjutkan suratnya, "Namun karena masalahku, aku harus melihat para memberku menghadapi masalah yang tidak seharusnya, aku akhirnya membuat keputusan ini karena tidak bisa ditunda lagi.

Lebih dari apapun, aku sepenuhnya memohon maaf pada E.L.F (sebutan fans Super Junior) karena cinta kalian yang luar biasa padaku selama 14 tahun ini. Mungkin ini terlambat, tapi meski aku melepas nama Super Junior dan mulai berjalan sendiri, Aku akan selalu ingat perasaan bersyukur dan sekaligus bersalah.

Aku dengan tulus berterima kasih pada para memberku dan staf agensi yang selalu menghormatiku sampai akhir. Aku akan terus mendukung kesuksesan Super Junior selamanya. Terima kasih."

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini