Rumah Sakit UMMI, Bogor, tempat Rizieq Syihab dirawat. (Foto: Istimewa)
Rumah Sakit UMMI, Bogor, tempat Rizieq Syihab dirawat. (Foto: Istimewa)

Surat Pernyataan Rizieq Syihab Tolak Publikasikan Hasil Swab

Ngopibareng.id Nasional 29 November 2020 05:10 WIB

Front Pembela Islam (FPI) mengklaim bahwa Rizieq Syihab telah melakukan tes swab mandiri. Namun, pria 55 tahun itu menolak untuk mempublikasikan hasil swab tersebut. Rizieq Syihab pun membuat surat pernyataan perihal penolakan publikasi hasil swab miliknya.

Ia dengan tegas tidak mengizinkan siapapun membuka informasi hasil swabnya. Tidak dijelaskan alasannya menolak hasil swab diumumkan. Surat pernyataan itu atas nama Moh Rizieq, umur 55 tahun, dan ditandatangani di Bogor, pada Sabtu 28 November 2020.

Ada dua saksi yang ikut mencantumkan tanda tangan di atas kertas bermaterai. Salah satunya tertuis Legal RS UMMI Bogor, Foto surat pernyataan Rizieq Syihab itu telah beredar luas di media sosial.

Berikut ini surat pernyataan Rizieq Syihab menolak publikasi hasi swab:

Surat Pernyataan

Bismillahirohmanirrohiim (dalam huruf Arab).

Saya bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Moh. Rizieq

Umur: 55 Tahun

Alamat: --------

Dengan ini saya tidak mengizinkan siapapun untuk membuka informasi hasil pemeriksaan medis dan hasil swab.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya dalam keadaan sehat. Untuk dapat digunakan sebagai mana mestinya.

Bogor 28 November 2020

Tanda Tangan

Surat pernyataan yang dibuat Rizieq Syihab perihal pernolakan publikasi hasi swab miliknya Foto IstimewaSurat pernyataan yang dibuat Rizieq Syihab perihal pernolakan publikasi hasi swab miliknya. (Foto: Istimewa)

Seperti diketahui, Rizieq Syihab sudah dirawat di Rumah Sakit UMMI Bogor sejak Rabu, 25 November 2020. Wakil Sekretaris Umum DPP FPI Aziz Yanuar menyebut pimpinannya dalam keadaan sehat dan tidak terkena Covid-19.

Hal itu disampaikan ke media massa ketika Satgas Covid-19 Kota Bogor dan Walikota Bogor Bima Arya menjelaskan kepentingan mereka untuk mengetahui hasil swab Rizieq Syihab untuk pendataan jumlah pasien di wilayahnya. Sebab, Rizieq Syihab diasumsikan sebagai orang dalam pemantauan (ODP) mengingat munculnya klaster Petamburan, lokasi rumah sekaligus markas FPI.

Massa membeludak sejak dari penjemputan kedatangan Rizieq Syihab di Bandara Internasional Soekarno-Hatta hingga tiba di rumahnya, pada 10 November 2020.

Tak berhenti sampai di situ, Rizieq Syihab punya agenda di pondok pesantren di Bogor, selanjutnya menggelar acara Maulid Nabi hingga menikahkan anaknya.

Sepanjang agenda tersebut, massa berdesakan tanpa memperhatikan protokol kesehatan 3M, hanya sebagian orang memakai masker dengan benar, selebihnya masker hanya dipakai di dagu. Bahkan, ada yang tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak dari kerumunan.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Jan 2021 21:15 WIB

FK Unair Ciptakan Aplikasi untuk Lindungi Nakes dari Covid-19

Kesehatan

Aplikasi ini bisa menjadi sarana KIE bagi nakes dalam menangani covid-19.

16 Jan 2021 21:00 WIB

Greysia/Apriyani Melaju ke Final Thailand Open 2021

Bulutangkis

Greysia/Apriani kalahkan ganda Korsel Lee So-hee/Shin Seung-chan.

16 Jan 2021 20:45 WIB

Maret, Asprov PSSI Jatim Gelar Kongres Secara Offline

Liga Indonesia

Kongres akan digelar secara offline dengan protokol kesehatan Covd-19

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...