Surat Kabar Milik Bos Amazon Bangkrut

14 Sep 2019 21:48 Internasional

Express, surat kabar gratis yang diterbitkan oleh The Washington Post, milik bos Amazon, Jeff Bezos, gulung tikar alias bangkrut.

Bacaan gratis untuk pengendara dan penumpang Mentro ini, resmi mengakhiri 16 tahun penerbitannya. Surat kabar terbitan Kamis, 12 September lalu merupakan cetakan terakhir.

Dilansir dari Splinternews, Sabtu 14 September, Manajer The Washington Post menyebutkan, penutupan Express dilakukan karena kondisi keuangan yang memburuk.

Meskipun mereka menolak membeberkan seberapa parah kondisi keuangannya, tapi managemen The Washington Post mengatakan, bisnis koran cetak baru-baru ini mulai kehilangan pendapatannya.

Selain itu, manajemen juga menyampaikan, banyak dari karyawan yang kehilangan pekerjaanya ini ialah wanita dan juga anak-anak muda.

Karyawan Express dibayar rendah dengan kompensasi yang tidak jelas. Editor Eksekutif Express, Dan Caccavaro mengutarakan, dirinya kini tak yakin pada apa yang akan terjadi setelah ini kepada sejumlah pekerjanya.

Pemutusan hubungan kerja bagi karyawan Express merupakan kabar yang sungguh menyedihkan. Kondisi ini lantaran serupa dengan nasib karyawan Jeff Bezos yang juga bekerja di Gudang Amazon.

Tim Humas The Washington Post membeberkan, penutupan Express karena pergeseran minat pembaca yang kini bergerak ke arah digital.

“Semakin banyak pembaca yang mengonsumsi konten Post secara digital, dan Washington Post akan terus melayani mereka yang bepergian melalui Metro dengan produk-produk digital, termasuk ponselnya situs, aplikasi, buletin, dan podcast," paparnya.

Kendati demikian, yang menjadi ramai diperbincangkan masyarakat ialah bagaimana bisa sosok orang terkaya di dunia Jeff Bezos tidak mau menutupi sedikit kekurangan pemasukan iklan untuk menyelamatkan karyawannya yang kehilangan pekerjaan akibat penutupan Express tersebut.

Seperti diketahui, kekayaan bos berkepala plontos itu Rp 2.158 triliun. Ia berhasil mengalahkan aset Bill Gates.

Namun, perlu diingat bahwa Bill Gates sering menyumbangkan uangnya ke yayasan. Sehingga harta Bill Gates selisih 50 miliar dollar Amerika Serikat dari aset Jeff Bezos.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini