Surabaya Panas, Ini Sebabnya

12 Nov 2019 21:24 Surabaya

Cuaca di Surabaya beberapa hari ini benar-benar tidak bersahabat. Udara panas terasa sangat gerah. Tidak hanya di siang hari, namun kondisi tersebut juga terjadi pada sore hingga malam hari. 

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto mengatakan memang ada tutupan awan yang menyebabkan radiasi bumi akan dipancarkan kembali ke bumi.

"Suhu maksimum di tempat kami 35 derajat Celsius. Sebenarnya kalau dibilang panas, ya gak terlalu. Tapi kita lebih sumuk saja kalau malam," kata Teguh, di Surabaya, Selasa 12 November 2019.

Lanjut Teguh, panasnya udara di Surabaya pada malam hari itu karena radiasi sinar matahari dari bumi yang akan dipantulkan ke udara balik lagi ke bumi karena tertutup lapisan awan.

"Itu karena banyak awan menutup langit di sore hari hingga malam hari, sehingga menyebabkan radiasi bumi pada malam hari kembali ke bumi," katanya.

Lalu sampai kapan hal ini akan terjadi? Teguh menyebut hal ini bisa diartikan dalam waktu dekat akan terjadi hujan.

"Yang jelas, pembentukan awan di Surabaya cenderung sore sampai malam hari itu awan menengah sudah banyak meliputi Surabaya dan Sidoarjo. Ini malah tanda-tanda bisa saja nanti di weekend terjadi hujan di Surabaya. Ini proses pematangan awan yang akan menjadi hujan. Ibaratnya masih mengumpulkan energi," katanya.

Saat ditanya, apakah Surabaya saat ini sudah memasuki musim peralihan ke hujan? Kata Teguh, Kota Pahlawan sudah memasuki musim peralihan dan akan masuk ke awal musim hujan.

"Di Surabaya, Sidoarjo dan beberapa wilayah lain di Jatim sudah memasuki awal musim hujan," katanya.

Katanya, minggu ke dua bulan November ini sudah peralihan. Masa peralihan itu biasanya ditandai dengan hujan sekali kemudian seminggu atau dua minggu kemudian tidak hujan.

"Ini kan sudah masuk November minggu kedua, biasanya masa peralihan itu sehari terjadi hujan kemudian bisa saja seminggu tidak hujan. Jadi kalau kemarin di Surabaya sempat hujan satu hari di awal bulan, kemudian lama tidak hujan lagi," katanya.

Teguh memperkirakan dalam akhir minggu ini akan terjadi hujan. "Kalau saya lihat sore sudah banyak ledakan awannya. Diperkirakan weekend nanti hari bisa saja terjadi hujan di Surabaya," katanya.

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini