Surabaya Menulis Mengembangkan Bakat Menulis Anak

11 Jul 2019 16:25 Pendidikan

Mewadahi hobi menulis dan membaca anak-anak, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya bekerjasama dengan Pusat Studi Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat LPPM ITS mengelar acara bertajuk 'Suarabaya Menulis'.

"Kalau kita amati banyak sekali anak yang hobi membaca dan menulis. Jadi dengan adanya acara ini anak-anak tersebut bisa mengaplikasikan tulisan mereka menjadi suatu karya yang dapat diapresiasi,"ucap Kepala Dispusip Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi, Kamis 11 Juli 2019.

Dalam kegiatan ini, lanjut Musdiq, para peserta dibimbing secara kualitas dan diajarkan mengenai cara menulis yang baik agar tulisannya dapat dinikmati oleh orang lain.

"Karena penulis menjadi salah satu potensi untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat. Jadi dengan adanya kegiatan menulis ini diharapakan angka literasi bisa merata dan seluruh masyarakat Surabaya bisa meningkatkan literasinya," Kata Musdiq Ali Suhudi.

Sementara itu, Kartika Nuswantara selaku ketua tim pengabdi pusat Studi Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat LPPM ITS menyampaikan, hasil karya dari anak-anak ini akan dibukukan dan diterbitkan.

"Untuk itu kami mengajak para peserta untuk mengali ide se-kreatif mungkin dengan cara mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Surabaya, agar ide yang muncul juga lebih fresh," ujarnya.

Kegiatan Surabaya Menulis ini berlangsung mulai hari ini sampai Sabtu, 13 Juli mendatang. Acara ini diikuti oleh 31 peserta dan 75 pendamping dari seluruh Taman Baca Masyarakat (TBM) yang tersebar di wilayah Surabaya.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini