Surabaya Bakal Punya Wisata Kebun Anggrek Baru!

23 May 2019 13:57 Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan membangun kebun Anggrek baru di eks-lokalisasi Dolly. Tepatnya di bekas gedung Wisma Barbara. Sebelumnya, Wisma tersebut merupakan salah satu wisma terbesar di Dolly yang menjajakan para pekerja seks komersial (PSK).

Luas dari kebun Anggrek tersebut adalah 1 hektar. Kebun tersebut rencananya akan dijadikan objek wisata baru di Kota Surabaya. Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan, dirinya ingin mengubah prespektif dan aura negatif di Dolly. Selain itu ia ingin adanya kebuh Anggrek ini dapat menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Insya Allah tahun ini ya kita bangun. Semoga bisa dimanfaatkan dan dinikmati hasilnya oleh warga dengan baik. Yang pasti, saya harap bisa jadi destinasi wisata baru," ujar Risma.

Selain jadi destinasi wisata, Risma berharap manfaat dan hasil dari kebun tersebut dapat dijadikan warga sebagai sumber penghasilan. Menurut Risma, Anggrek bisa dijadikan macam-macam.

"Bisa jadi apapun, parfum juga bisa. Makanya nanti warga akan diajari sama Pemkot gimana budidaya Anggrek biar bagus. Koperasi-koperasi juga diberi pelatihan pemanfaatan," lanjutnya.

Risma berharap warga di eks lokalisasi dapat memanfaatkan dengan baik adanya koperasi-koperasi yang telah dibentuk. "Koperasi ini bisa bikin masyarakat mandiri dan sejahtera secara ekonomi. Dimanfaatkan betul," pungkasnya.

Setali tiga uang, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Muhammad Fikser mengatakan, kebun anggrek akan dibangun pelan-pelan. Karena butuh rencana matang. "Bertahap ya bangunnya, setelah sisi utara, nanti giliran sisi lainnya," ujar Fikser.

Apabila kebun sudah jadi, lanjut Fisker, warga harus bisa menjaga dan merawat kebun Anggrek tersebut. Meskipun nanti tanggung jawab pengelolaan Kebun Anggrek berada di tangan Dinas Pertanian Kota Surabaya.

Hal itu juga dikonfirmasi oleh Lurah Sememi, Ferdi Ardiansyah. Ia mengatakan kebun Anggrek Pemkot Surabaya ini akan dibangun dengan sistem Green House.

"Banyak macemnya dan jenisnya. pokoknya nanti dari pembibitan, hingga pembudidayaan Anggrek, pakai sistem 'green house'," pungkasnya.

Apabila kebun Anggrek ini benar-benar terealisasi, itu akan menemani beberapa kebun yang telah dibangun oleh Pemkot. seperti kebun bunga di Taman Harmoni Keputih, dan juga Hutan Bambu Keputih. (alf)

Reporter/Penulis : Alief Sambogo
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini