Surabaya Bakal Punya Patung Suro Boyo Baru dan Terbesar

20 Mar 2019 21:33 Surabaya

Pembangunan patung Suro dan Boyo terbesar se-Surabaya yang saat ini tengah dibangun di pesisir Bulak, Surabaya, ditargetkan bakal rampung Mei mendatang. Bertepatan dengan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS).

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, Patung Suro dan Boyo setinggi 42 meter ini akan menjadi penanda Kota Surabaya jika dilihat dari lautan.

“Bayangkan ketika ada di tengah laut, maka Surabaya dapat terlihat dari ikon patung ini," kata Risma saat melakukan sidak keliling Surabaya, Rabu, 20 Maret 2019.

Politisi PDIP itu juga mengatakan, patung ini juga akan menjadi yang terbesar jika dibandingkan dengan patung yang ada di Kebun Bintang Surabaya (KBS) dan Skate Park Jalan Gubeng Surabaya.

"Bisa dibilang patung ini adalah neneknya karena setinggi 42 meter. Kalau mamanya ada di Skate Park, anaknya ada di Kebun Binatang Surabaya (KBS)," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Kota Surabaya Eri Cahyadi juga memastikan patung Suro dan Boyo ditargetkan rampung Bulan Mei,

Selain itu, di sekitar patung ada juga Taman Suroboyo yang tengah dibangun untuk hadiah manis di Hari Jadi Kota Surabaya.

“Sebenernya untuk patungnya sendiri, bulan ini atau awal bulan sudah bisa selesai. Tapi di bawahnya kan ada tambahannya dan tamannya, sehingga pengerjaan maksimal kami targetkan Bulan Mei,” kata Eri, ditemui di lokasi yang sama. (frd)

Reporter/Penulis : Farid Rahman
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini