Jembatan Ujung Galuh, di jalan Darmo Kali, Surabaya. (Foto: frd/ngopibareng.id)

Surabaya Bakal Punya Jembatan Baru, Namanya Ujung Galuh

05 Mar 2018 22:11

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Sebentar lagi warga Surabaya bakal punya jembatan baru, namanya Ujung Galuh. Letaknya di jalan Darmo Kali, Surabaya.

Kenapa namanya Ujung Galuh? kata Wali Kota Tri Rismaharini, pemilihannya berdasarkan sejarah Zaman Mojopahit. “Dulu Surabaya itu namanya Ujung Galuh, makanya saya pilih nama itu,” kata Risma, saat ditemui, Senin, 5 Maret 2018.

Menurut Risma, Jembatan hasil desainnya ini sudah rampung 100 persen, hanya saja, masih perlu penambahan penerangan, traffic light, dan sedikit pelebaran jalan.

Ia menuturkan akhir bulan ini diusahakan selesai. “Pak Irvan (Kepala Dinas Perhubungan *red) minta waktu 2 minggu untuk menyelesaikan pemasangan rambu dan lain-lain, insyallah bulan ini selesai,” katanya.

Lantas, apa bedanya jembatan Ujung Galuh ini dengan jembatan yang lain?

Risma mengaku bahwa jembatan ini memiliki keunikan ketimbang jembatan yang lain. “Jembatan ini menyatu dengan lingkungan, beda dengan yang lain,” katanya.  

“Nanti di sekitar taman akan dibuat jogging track. Bahannya, terbuat dari potongan-potongan sandal jepit, jadi kalau diinjak tidak sakit. Ya, itung-itung daur ulang barang bekas, sayang kalau nggak dimanfaatkan,” ujarnya.

Smentara itu, Kepala Dinas Perhubungan Surabaya, Irvan Wahyu Drajad, mengatakan bahwa proses pemasangan rekaya lalu lintas serta pendukung untuk rambu marka jalan sudah selesai. Tinggal proses pemasangan traffic light dan CCTV.

“Direncanakan selesai akhir Maret sekaligus uji operasional,” kata Irvan, memungkasi. (frd)