Video Suporter Tira Persikabo-Persib Saling Lempar Bangku Stadion

15 Sep 2019 07:00 Liga Indonesia

Laga Liga 1 2019 yang mempertemukan Tira-Persikabo vs Persib Bandung pada Sabtu, 14 September malam, diwarnai insiden.

Suporter Tira Persikabo, yang duduk di tribun utara Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, terlibat keributan dengan pendukung Persib yang ada di tribun timur. Kedua kelompok penonton mencopot kursi dan saling lempar satu sama lain.

Keributan pecah sejak di pertengahan pertandingan babak pertama. Pihak kepolisian pun membutuhkan waktu yang agak lama untuk bisa mengurai situasi.

Kelompok Ultras Persikabo Curva Sud menjadi salah satu bagian dari keributan ini. Mereka tampak panas setelah mendapatkan provokasi dari beberapa suporter Persib Bandung yang juga menghuni tribun selatan

Banner Ultras Persikabo Curva Sud yang biasa terpampang di tribun selatan pun dilepaskan oleh kelompok suporter yang terlibat kericuhan. Banner tersebut dilepaskan dan digantikan oleh beberapa spanduk kecil dengan logo Persib Bandung.

Setelah aksi tawuran ini berlangsung selama lima menit, baru lah pihak kepolisian yang penjadi pihak pengamanan pertandingan datang dan melepaskan tembakan peringatan. Namun, aksi tersebut gagal membuat tawuran usai.

Massa yang terlibat tawuran pun mulai merusak fasilitas Stadion Pakansari. Mereka mulai mencabut kursi dan melemparkannya kepada lawannya masing-masing.

Tawuran ini baru bisa diredam setelah berlangsung selama sekitar 15 menit. Tawuran ini usai setelah pasukan anti huru-hara dari pihak kepolisian memasuki area tribun selatan dan membubarkan massa yang berkumpul.

Total, ada sekitar 29.000 pasang mata yang hadir di Stadion Pakansari. Pertandingan pun berkahir dengan skor sama kuat, 1-1.

Tuan rumah mencetak gol lebih dulu lewat penalti Osas Saha pada menit ke-16 sebelum disamakan oleh Nick Kuipers pada menit ke-45+1.

Hasil imbang yang diarih oleh Tira Persikabo gagal menipiskan jarak dengan Bali United yang duduk di puncak klasemen Liga 1. Saat ini, Manahati Lestusen dkk masih tertinggal tujuh poin setelah Serdadu Tridatu ditahan imbang Bhayangkara FC pada Jumat, 13 September.

Pekan depan, Tira Persikabo akan menghadapi laga yang cukup berat. Pasalnya, mereka akan bertandang ke markas tim tangguh, PSM Makassar, pada Kamis 19 September mendatang.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini