Siswa MI Al Hikmah Dusun Glatek Desa Palasa Kecamatan Talangi, Madura. (Foto: Istimewa)

Sumur Wakaf Untuk Sekolah di Ujung Timur Pulau Madura

Jawa Timur 19 February 2020 10:35 WIB

Sekolah adalah tempat belajar yang didukung fasilitas-fasilitas penunjang pembelajaran salah satunya kamar mandi. Bisakah kita bayangkan sekolah tanpa kamar mandi?
Di ujung timur Pulau Madura, bertahun-tahun siswa dan guru MI Al Hikmah Dusun Glatek Desa Palasa Kecamatan Talangi, berada di sekolah tanpa sumur dan kamar mandi.

Lokasi Desa Palasa terletak di Kepulauan Poteran. Untuk sampai lokasi dibutuhkan penyeberangan kapal laut dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam dari Kabupaten Sumenep. Di daerah ini air terbilang sangat sulit ditemui.

Para siswa dan guru harus menumpang ke rumah warga untuk buang air. Ketidakberadaan sumur dan kamar mandi ini membuat proses belajar mengajar di sekolah terkendala.

Untuk praktik pembelajaran salat dan wudhu hanya bisa jadi imajinasi. Siswa tidak memiliki kesempatan untuk praktik langsung karena karena keterbatasan fasilitas dan infrastruktur yang dimiliki.

Ketika tim Global Wakaf-Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengumumkan akan dibangun sumur wakaf disambut baik oleh sekolah dan masyarakat. Sumur yang dibangun pada akhir Desember dan akan diresmikan pada 18 Maret 2020 ini, menumbuhkan semangat dan harapan baru untuk para siswa dan guru.

Kepala Cabang ACT Jatim, Wahyu Sulistianto Putro, menyatakan program sumur wakaf ini merupakan ikhtiar Global Wakaf-ACT untuk hadir menjadi solusi permasalahan umat. 

"Saat relawan kami menginformasikan adanya sekolah dengan keterbatasan fasilitas sumur dan kamar mandi di MI Al Hikmah Palasa, kami mengupayakan untuk memberikan solusi. Alhamdulillah ada mitra yang berkenan membantu," ujarnya.

Diharapkan sumur wakaf ini akan menjamur di Jawa Timur seiring meningkatnya kepedulian dari masyarakat. "Sehingga permasalahan kekeringan dan sanitasi pada warga masyarakat dapat teratasi," sambung Wahyu.

Kholid, pengurus yayasan MI Al Hikmah Palasa, menyatakan sangat berterima kasih dengan adanya sumur wakaf, tempat wudhu, dan MCK di lingkungan sekolah.

"Alhamdulillah pihak sekolah sangat terbantu dengan adanya sumur wakaf ini, anak-anak untuk praktek salat tidak butuh mencari-cari air ke warga lagi, sehingga belajar siswa bisa optimal," ungkapnya.

Penulis : M. Rizqi

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 12:45 WIB

ASN Terkonfirmasi Covid, Pemkot Batu Terapkan Kebijakan WFH

Jawa Timur

Diketahui ada 2 ASN di DPRD dan 1 ASN di Dinkes positif Covid-19.

14 Aug 2020 11:40 WIB

Presiden Jokowi Sindir Media Jangan Hanya Kejar Click dan Like

Nasional

Semestinya, media tidak dikendalikan teknologi.

14 Aug 2020 11:20 WIB

Naskah Pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR 2020

Nasional

Berbagai terobosan disampaikan presiden dalam menghadapi pandemi covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...