Summer Camp 2019 UNESASummer Camp, Salah Satu Cara Unesa Agar Dikenal Internasional

12 Jul 2019 18:03 Pendidikan

Untuk meningkatkan kerjasama yang lebih erat lagi dengan perguruan tinggi di luar negeri, Universitas Negeri Surabaya mengadakan Summer Camp. Kegiatan yang sudah berlangsung sejak 8 Juli kemarin ini, bertujuan untuk memperkenalkan Unesa di dunia internasional.

Dalam Summer Camp yang diadakan kali ini, ada tiga universitas luar negeri yang terlibat yaitu Tarlac Agricultural University (Filipina), Rajamangala University of Technology Krungthep (Thailand) dan Central China Normal University (China).

"Summer Camp ini baru diadakan pada 2019 ini. Harapannya, Summer Camp bisa menjadi agenda rutin," kata Paksi, selaku steering Committee.

Summer Camp kali ini, diikuti oleh 12 mahasiswa baik dari Unesa sendiri maupun dari tiga universitas luar negeri tersebut. Dalam Summer Camp ini para peserta diperkenalkan dengan budaya Indonesia, misalnya membatik, memasak makanan lokal dan belajar Bahasa Indonesia.

Selain diperkenalkan dengan budaya Indonesia dalam kelas, para peserta juga diajak berkeliling Kota Surabaya. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berkeliling Surabaya adalah adalah Monumen Tugu Pahlawan. Tempat ini menjadi wajib dikunjungi karena menjadi salah satu ikon Kota Surabaya. Selain itu, peserta juga diajak untuk menikmati keindahan Gunung Bromo.

Peserta pun menyatakan menikmati rangkaian kegiatan dalam Summer Camp ini. "Saya suka semua kegiatan yang dilaksanakan di Summer Camp ini, tapi yang menjadi favorit saya adalah ketika diajarkan memasak makanan Indonesia karena saya suka memasak dan makan," ujar Jair, mahasiswa Tarlac Agricultural University, Filipina usai mengikuti penutupan Summer Camp, Jumat 12 Juli.

Bahkan ada di antara mahasiswa asing tersebut, usai mengikuti Summer Camp menyatakan berminat untuk melanjutkan kuliah S2 di Unesa.

Penulis : Nadia Annastasia
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini