Sukses di Wonorejo, Wak Muqidin Sapa Ribuan Warga Grati

14 Apr 2019 11:04 Ngopibareng Pasuruan

Setelah sukses di Wonorejo, kali ini Jalan Sehat Wak Muqidin (Wayahe Kumpul Mbangun TPQ dan Madin) bersama Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dan wakilnya, Abdul Mujib Imron, menyapa warga Kecamatan Grati.

Ribuan warga Grati, Nguling, Lekok dan sekitarnya sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian yang digelar di Lapangan A.Yani, Minggu 14 April 2019.

Jalan sehat tersebut diberangkatkan langsung oleh bupati dan wakilnya sekitar pukul 06.30 WIB. Sebelumnya, Irsyad Yusuf dalam sambutan singkatnya sempat menyampaikan beberapa hal penting terkait program unggulan Wak Muqidin.

Menurut Irsyad Yusuf, kegiatan jalan sehat menjadi bagian dari upaya untuk lebih mengenalkan Wak Muqidin sebagai salah satu jargon inovasi Pemkab Pasuruan. Khususnya dalam menyiapkan generasi muda yang berakhlaqul karimah, melalui pendidikan agama di TPQ (Taman Pendidikan Alquran) dan Madin (Madrasah Diniyah).

“Kita ingin populerkan Wak Muqidin supaya masyarakat betul-betul memahami akan pentingnya TPQ dan Madin sebagai tempat untuk menuntut ilmu keagamaan yang bersifat mendasar. Kita ingin membentuk karakter anak bangsa yang akhlaknya mulia dan itu harus dimulai sejak dini,” kata Irsyad Yusuf.

Irsyad Yusuf menegaskan bahwa sosialisasi ini penting, karena tanpa ada dukungan dan keterlibatan masyarakat Pasuruan, semua program itu tak akan berjalan maksimal dan lancar. "Kami ingin semua masyarakat juga terlibat dalam mensukseskan program-program ini," imbuhnya.

Tak hanya Wak Muqidin saja, Irsyad Yusuf dan Abdul Mujib juga mensosialisasikan program unggulan lainnya seperti Rumahku Surgaku, Kenduren Mas (Kendaraan Urun Rembug Masyarakat), Adus Kali, Kemisan, Satu desa satu bank sampah (SDSB), Pelasan (Pelatihan santri), Pusaka (Pemuda dan santri anti narkoba), Perwira keluarga (perempuan wira usaha), Pemuda pelopor pembangunan desa (P3D), Pasuruan Gumuyu (Guyup rukun bersatu padu), Pasuruan podo roso, dan yuk nonggo.

Seluruh program tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni menciptakan Kabupaten Pasuruan yang sejahtera, maslahat, dan berdaya saing.

“Kita punya visi misi lima tahun ke depan. Utamanya untuk membentuk Kabupaten Pasuruan menjadi daerah yang semakin sejahtera, maslahat dan berdaya saing. Dengan adanya program unggulan ini, kita menginginkan partisipasi masyarakat untuk mendukung seratus persen agar semuanya tercapai,” ungkap Irsyad Yusuf. (emil)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini