Ilustrasi gempa bumi tektonik Magnitudo 4,9 guncang Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Twitter BMKG)
Ilustrasi gempa bumi tektonik Magnitudo 4,9 guncang Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Twitter BMKG)

Sukabumi Diguncang Gempa

Ngopibareng.id Warta Bumi 29 November 2020 08:12 WIB

Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diguncang gempa bumi tektonik Magnitudo 4,9 pada pukul 04.07.50 WIB, Minggu 29 November 2020. Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi ini sama-sama berkekuatan M=4.9.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.69 LS dan 106.44 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km BaratDaya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 21 kilometer.

Menurut BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Tegalbuleud Kab.Sukabumi II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah atau terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Hingga pukul 05.01 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan (Tangsel), Hendro Nugroho.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 16:15 WIB

Aryn Keluar, Persebaya Tak Punya Legiun Asing Lagi

Liga Indonesia

Jika liga dimulai, persebaya hanya andalkan pemain lokal.

22 Jan 2021 16:07 WIB

Selipkan Sabu di Cincin, Pemuda Bulak Banteng Diciduk

Kriminalitas

Keduanya berniat menggelar pesta sabu.

22 Jan 2021 16:06 WIB

Jaga Produktivitas Ternak Sapi, Banyuwangi Optimalkan E-Nak Wangi

Jawa Timur

Melalui Kartu E-Nak Wangi ini bisa diketahui riwayat kesehatan dari sapi peternak.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...