Credit image: Cnet

Sudahkah Ponselmu Pakai Android 10? Begini Cara Mengunduhnya

Handphone 03 June 2020 13:25 WIB

Google telah lama merilis sistem terbarunya. Namanya Android 10. Hingga sistem yang lebih baru nanti diluncurkan, inilah versi terbaru OS yang bisa kamu gunakan dalam ponsel berbasis Android.

Sejumlah ponsel terbaru seperti Samsung Galaxy S20 dan OnePlus 8 telah menanamkan Android 10 ini ke dalam perangkatnya. Namun, untuk sejumalh ponsel yang lain masih harus memutakhirkan secara mandiri.

Ini berbeda dengan ponsel berbasis IOS seperti iPhone. Ponsel iPhone selalu mengupdate sistem operasinya dan biasanya langsung muncul notifikasi ke dalam ponsel. Di ponsel berbasis Android tidak.

Tapi tidak semua ponsel berbasis Android kompatibel untuk sistem ini. Hanya ponsel yang masuk kategori top-end yang spesifikasinya memenuhi untuk mengunduh OS Android terbaru ini.

Berikut ini cara mengunduh dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mau mengunduh OS keluaran Google ini.

1. Temukan Aplikasi Pengaturan

Jelas langkah pertama adalah menemukan aplikasi Pengaturan dalam ponselmu. Biasanya, aplikasi ini muncul di halaman pertama saat kamu membeli ponsel baru. Biasanya juga banyak yang memindahkan ke halaman lain.

2. Cek Dulu Apakah Ponsel Kompatibel untuk Android 10

Setelah ketemu aplikasi Pengaturan, temukan opsi System dengan hanya menggulir ke bawah. Setelah menemukan opsi System, kamu bisa langsung mencari tab Advance yang ada di bagian bawah dan buka. Disitu ada opsi Pembaruan System untuk mengupgrade sistem yang kamu miliki ke Android 10.

Namun, sebelum melakukan hal itu, alangkah baiknya kamu mengetahui dulu informasi tentang Android 10. Informasi ini disediakan sebelum kamu menbgunduhnya ke ponsel. Ini penting karena jika ponselmu tidak kompatibel, akan bisa membuat ponselmu bernasib buruk. Bisa tidak bisa dioperasikan karena tidak sesuai dengan kapasitas ponsel. Gampang kan.

3. Pastikan Tersambung dengn WiFi

Saat mengunduh Android 10, pastikan ponsel kamu tersambung dengan Wifi. Juga jangan lupa cek baterainya. Jangan sampai di tengah mengunduh sistem baru itu, ponselmu mati. Nah, setelah Android 10 terunduh, kamu perlu merestart ponselmu agar berfungsi dengan baik. Setelah restart selesai, ponselmu akan langsung masuk ke sistem operasi Android terbaru.

Penulis : Azhari

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Jul 2020 06:46 WIB

Pancasila dan Penjual Sate Madura, Terasa Cerdiknya

Humor Sufi

Humor selalu mencairkan suasana tegang

06 Jul 2020 06:19 WIB

Ledakan di Menteng, Polisi Lakukan Pemeriksaan Mendalam

Nasional

Lebih dari petasan, tak memunculkan api

06 Jul 2020 06:09 WIB

Ledakan di Menteng, Pakar: Tak Terkait Aksi Terorisme

Nasional

Beda yang biasa dilakukan kelompok teroris JAD maupun JI

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...