Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Kepala Dishub Jatim Fatah Jasin. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Sudah Berangkatkan 460 Pemudik, Pemprov Jatim Targetkan 295 Ribu

Jawa Timur 30 May 2019 06:48 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas 460 penumpang mudik dan balik gratis jalur laut tujuan Masalembu, Sumenep. Pelepasan mudik dengan Kapal Dharma Kartika III tersebut diberangkatkan di Gapura Surya Nusantara Surabaya, Rabu, 29 Mei 2019.

Khofifah mengatakan bila pelaksanaan mudik dengan menggunakan kapal tersebut diselenggarakan oleh Pemprov Jawa Timur jelang mudik lebaran. Menurutnya prediksi puncak mudik lebaran tahun ini terjadi pada 2 Juni 2019 mendatang.

"Jadi ini salah satu program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov. Ini kloter pertama, masih ada selanjutnya. Prediksi saya puncak arus mudik terjadi pada 2 Juni 2019 mendatang," ucap Khofifah.

Khusus untuk mudik balik gratis jalur kapal laut akan disiapkan 6 rute. Selain jalur laut, Pemprov Jatim juga menyiapkan jalur darat dengan armada bus dan kereta api.

Mudik gratis yang disediakan tahun ini terdapat sekitar 295.000 penumpang. Namun jumlah tersebut dipastikan bertambah seiring dengan banyaknya instansi dan lembaga yang mengadakan program mudik gratis bagi masyarakat Jatim sejak H-9.

Mantan Menteri Sosial tersebut mengapresiasi langkah Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim bersama Pelindo dan instansi terkait dengan pengaturan pola penumpang yang turun dari kapal laut bisa difasilitasi ke Terminal Bungurasih. Juga ada yang tujuan ke Terminal Nganjuk dan Madiun.

"Pola komunikasi seperti ini yang saya apresiasi antara pengusaha dan penyedia transportasi khususnya dalam meningkatkan layanan transportasi bisa terlaksana. Mudah-mudahan kondisi ini akan terus membaik dan kita ingin semua masyarakat terlayani dengan baik," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Dr. Ir. Fatah Jasin melaporkan, bahwa dalam rangka menambah armada kapal untuk mengakomodir lonjakan penumpang pada masa angkutan lebaran, Pemprov Jatim melalui Dinas Perhubungan melaksanakan kegiatan mudik dan balik gratis kepulauan sebanyak 6 rute.

Keenam rute tersebut antara lain, Surabaya-Masalembu (PP) sebanyak 4 voyage, Tanjung Wangi-Sapeken 4 voyage, Gresik-Bawean PP sebanyak 4 voyage dan Kalianget-Kangean sebanyak 5 voyage.

"Hari ini, kita melaksanakan pemberangkatan perdana mudik gratis kepulauan tahun 2019 Rute Surabaya-Masalembu. Perjalanan diprediksi akan ditempuh selama 15 jam. Semoga seluruh penumpang diberi kelancaran dan selamat sampai tujuan berkumpul dengan sanak saudara," pungkasnya. (faq)

Penulis : Faiq Azmi

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 21:35 WIB

Pulihkan Ekonomi, Khofifah Kucurkan Dana Rp28 Miliar

Jawa Timur

Kucuran dana untuk bantu ekonomi warga di tengah Covid-19.

19 Sep 2020 18:00 WIB

Khofifah Salurkan Ventilator Sumbangan Amerika Serikat ke Malang

Jawa Timur

Penerima bantuan harus menjalani training untuk mengoperasikannya.

18 Sep 2020 17:11 WIB

Pemprov Jatim Serahkan Ventilator Bagi 4 RS Rujukan di Malang

Jawa Timur

Ventilator Bagi 4 RS Rujukan di Malang, pada Sabtu 19 September 2020.

Terbaru

Lihat semua
22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop
22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...