Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhanuddin. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)
Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhanuddin. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

60 Klub Amatir Daftar Liga 3 Jatim, Asprov: Tunggu Gubernur

Ngopibareng.id Liga Indonesia 28 July 2020 22:10 WIB

Sebanyak 60 klub amatir di Jawa Timur telah mendaftar sebagai peserta Liga 3 Jatim 2020. Sayang, kini mereka harus bersabar karena Asosiasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Provinsi Jatim masih menunggu keputusan dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jatim.

“Terkait Liga 3 kami masih lebih pada koordinasi dengan Satgas Covid-19 Jatim, memungkinkan apa gak dengan melihat dan memperhatikan data yang dimiliki oleh Satgas jika Jatim menggelar dengan protokol kesehatan yang sudah disiapkan oleh PSSI. Seminggu lalu sudah berkirim surat namun sampai saat ini belum ada balasan,” kata Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhanuddin, Selasa, 28 Juli 2020.

Keputusan dari Satgas Covid-19, kata Amir, karena sampai saat ini apabila melihat kondisi Jatim masih belum aman 100 persen untuk digelar pertandingan karena memang belum ada satupun daerah yang masuk zona hijau. Utamanya di Surabaya yang menjadi epicentrum penyebaran Covid-19 secara nasional karena ada enam klub yang bermarkas di Kota Pahlawan.

Ia mengatakan, saat ini belum mendapat laporan dari masing-masing klub terkait kondisinya apakah tetap ikut atau tidak jika pertandingan boleh digelar.

“Klub itu posisinya karena amatir kalau mampu dengan segala standar yang kita siapkan dia pasti ikut. Jangan kan kondisi seperti ini, kondisi normal saja boleh tidak ikut namun sesuai statuta tidak boleh berulang dua kali. Sekarang sudah 60 yang daftar, namun apakah nanti tetap 60 kan ada proses verifikasi. Nah proses verifikasi itu akan kita lakukan setelah mendapat kepastian bisa kita gelar dari Satgas,” tuturnya.

Tak hanya menunggu putusan dari satgas saja, PSSI Jatim juga tengah menunggu regulasi dari PSSI Pusat karena sampai saat ini hanya mengeluarkan surat akan melanjutkan kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Regulasi itu kata dia berkaitan dengan format pertandingan, system pertandingan, volume pertandngan, syarat usia, dan banyak lainnya.

Apabila mendapat lampu hijau dan regulasi sudah ada, Liga 3 paling cepat akan digelar pada pertengahan bulan November 2020 mendatang dengan menerapkan protokol yang sudah di susun.

Sementara itu, Amir mengaku, saat ini PSSI Jatim telah menghentikan sementara semua program kerja tahun 2020 yang sudah diputuskan dalam Kongres Tahunan, Februari lalu. Hal itu karena untuk menghindari adanya penyebaran Covid-19 yang lebih masif.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jan 2021 07:39 WIB

Hidupkan Etika Al-Hujurat bagi Umat Islam

Khazanah

Pesan penting KH Ahmad Mustofa Bisri dan Haedar Nashir

25 Jan 2021 07:15 WIB

Amerika dan Generasi Saya

Ajar Edi

Amerika Serikat telah memiliki pemimpin baru.

25 Jan 2021 07:01 WIB

Dunia Bagai Gunung Bersalju, Pesan Kiai Husein Muhammad

Islam Sehari-hari

Cara pandang orang-orang tasawuf

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...