Ilustrasi: Fa Vidi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi: Fa Vidi/Ngopibareng.id)

Studi Banding ke Honolulu, Rakyat Dorong Pak Menteri ke Jepang

Ngopibareng.id Humor Sufi 28 November 2020 09:11 WIB

Alkisah anggota DPR-RI yang sedang studi banding soal etika ke Yunani, bertemu dengan pakar etika di negeri para filsuf tersebut. "Bisakah Anda memberitahu kami, salah satu contoh bentuk pelanggaran etika?" tanya anggota DPR-RI.

Jawab pakar Yunani dengan prihatin: "Bapak yang terhormat, kunjungan studi banding Anda ke Yunani ini adalah contoh paling jelas pelanggaran etika anggota parlemen!"

Ini tentu saja berbeda dengan agenda menteri. Suatu hari, ada kunjungan Menteri Perairan Negeri Antah Berantah ke Honolulu, Hawai.

Pengamat politik Indonesia sedang bingung. Biasanya rakyat sangat keras mengecam studi banding anggota kabinet yang pembantu presiden itu. Dianggap cuma plesir dengan anggaran dinas.

Yang dijadwalkan sebenarnya ke Honolulu, ke Hawai. Tetapi, khusus jusrtru rakyat memberikan suara agar studi banding dilakukan ke Jepang.

"Kok rakyat justru ramai-ramai mendukung, agar studi banding itu segera dilaksanakan dan hasilnya cepat diaplikasikan pada seluruh anggota parlemen," gumam sang pengamat.

Merasa penasaran, pengamat politik itu pun bertanya kepada seorang pedagang asongan, yang mangkal di depan gerbang gedung Kementerian Perairan: "Mengapa Bapak mendukung studi banding Pak Menteri ke Jepang?"

"Ohh, itu....," sahut si bapak. "Saya mendukung penuh, sebab pak Menteri Perairan bersama Rombongnya akan belajar teknik harakiri massal di Jepang. Semoga segera diterapkan untuk seluruh anggota pak Menteri itu..."

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

17 Jan 2021 02:48 WIB

Bershalawat itu Penting, Ternyata Ini Jawabannya

Islam Sehari-hari

Jalan memudahkan segala urusan sehari-hari

16 Jan 2021 23:15 WIB

Semeru Erupsi, BNPB Imbau Warga Waspadai Lahar Dingin

Jawa Timur

BNPB meminta warga mewaspadai potensi bencana pasca erupsi Semeru.

16 Jan 2021 22:45 WIB

Letjen (Purn) Sayidiman, Jenderal Penumpas PKI dan Permesta Wafat

Nasional

Letjen (Purn) TNI Sayidiman Suryohadiprodjo wafat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...