Yuya Osako usai membobol gawang Kolombia

Striker Bodoh Yuya Osako Cetak Sejarah di Piala Dunia

19 Jun 2018 23:15

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Yuya Osako mengatar Jepang mengoreskan sejarah baru di Piala Dunia. Satu gol penentu membuat tim Samurai Biru itu mengalahkan Kolombia 2-1 pada duel pembuka Grup H Piala Dunia 2018 di Mordovia Arena, Selasa 19 Juni 2018.

Kemenangan Jepang ini membuat bangga benua Asia. Sebab, untuk pertama kalinya ada tim Asia yang bisa mengalahkan wakil Amerika Selatan dalam sejarah gelaran Piala Dunia.

Usai laga, Yuya Osako dinobatkan sebegai man of the match. Bukan hanya gol dari sundulan kepala yang menjadi penentu kemenangan. Namun selama 90 menit, Yuya tampil sempurna. Berposisi sebagai striker, dia melepaskan tiga tembakan. Semauanya mengarah ke gawang.

Yuya Osako mengalahkan bintang-bintang Jepang lainnya seperti  Shinji Kagawa, Nagatamo maupun Honda. Siapa sebenarnya Yuya Osako ini?

Usianya  tidak lagi muda,  memasuki 28 tahun. Sebelumnya sudah pernah memperkuat Jepang di Piala Dunia 2014 di Brasil. Namun sebagai pemain pelapis dan belum bisa mencetak gol. "Mencetak gol di ajang Piala Dunia adalah impian saja. Apalagi gol ini menentukan kemenangan. Senang sekali, " ujar Yuya dilansir dari fifa.com

Yuya sendiri saat ini tercatat membela klub Bundesliga Jerman FC Koln sejak 2014 lalu. Koln yang saat itu baru promosi, yakin dengan kemampuan Yuya menghadapi lini belakang klub Jerman yang dikenal tinggi besar.

Hingga saat ini, Koln masih tetap mempertahankan Yuya. Namun pada April 2017 lalu, Yuya mengalami pengalaman pahit di Liga Jerman. Dia gagal mencetak gol dalam keadaan gawang sudah melompong saat menghadapi Agusburg. Pertandingan berakhir untuk kemenangan Agusbrug 2-1.  

Video gagal cetak gol di mulut gawang itu beredar di seluruh dunia. Yuya Osaka menjadi bahan tertawaan dan dicap sebagai striker terbodoh . Namun olok-olok itu tak menghancurkan segalanya. Yuya Osaka kini membuktikan pada dunia dengan mencetak sejarah yang sulit terulang di Piala Dunia. (tom)