Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati usai menyampaikan orasi ilmiahnya di hadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (Foto: Theo/ngopibareng.id)

Menkeu: Mahasiswa Jangan Hanya Jadi Penghafal Pelajaran Saja

Jawa Timur 10 October 2019 17:45 WIB

Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia (RI), Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan bahwa perekonomian dunia makin didominasi oleh teknologi era revolusi industri 4.0. Artificial Intelligence dan Cloud Computing menjadi sesuatu yang sangat mendominasi.

"Otomatisasi, robot, artificial intelligence sekarang ini maupun yang akan datang makin mendominasi ekonomi dunia," ujarnya saat menyampaikan orasi ilmiahnya di hadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Sri Mulyani menambahkan, industri dan jasa di Indonesia harus mulai beradaptasi dengan teknologi dan ilmu pengetahuan. Sebab, negara-negara di Asia akan terkena exposure dengan digital economy tersebut.

"Negara-negara seperti Indonesia, Vietnam, Kamboja, Filipina yang relatif memiliki penduduk besar. Mereka akan sangat mudah dilibas oleh teknologi," katanya. 

Dalam era revolusi industri 4.0 saat ini, banyak pekerjaan yang akan digantikan oleh tenaga robot. Contohnya di negara tetangga dengan mengutip data dari Asian Transformation, 70 persen pekerjaan di Vietnam sangat mudah digantikan oleh robot.

"Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, sekitar 56 persen jenis pekerjaan, akan sangat mudah diganti oleh robot," katanya.

Untuk menyiapkan SDM yang mampu beradaptasi di era revolusi industri 4.0 tersebut, Sri Mulyani mengungkapkan Indonesia harus mencontoh Singapura.

"Singapura sudah menyiapkan SDM untuk menghadapi perubahan teknologi ini sejak dini," katanya.

Sri Mulyani kemudian menceritakan kunjungannya ke Negeri Singa mendampingi Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

"Dia (Menteri Bidang Pemuda Singapura) mengatakan sekarang kurikulum di Singapura diisi sambil terus menanamkan dalam pikiran anak-anak mulai anak PAUD hingga TK bahwa they have to prepare for this technological change," katanya.

Sri Mulyani berpesan agar tidak hanya menimba ilmu di dalam kelas, namun juga harus memiliki wawasan yang luas.

"Kalian harus memiliki wawasan yang luas. Jangan hanya menghafal pelajaran. Karena, jika hanya menghafal itu, komputer sudah bisa menggantikan. Yang harus kalian miliki adalah kemampuan analisis suatu fenomena," tutupnya.

Dalam acara tersebut Sri Mulyani juga diberikan Anugerah Tokoh Pemajuan Ekonomi Syari'ah oleh UMM.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 19:15 WIB

Bambang Trihatmodjo Dicekal, Mayangsari Pamer Foto Keluarga

Nasional

Bambang Trihatmodjo dicekal ke luar negeri oleh Menteri Keuangan.

02 Sep 2020 10:04 WIB

Uang Pulsa, ASN Akan Digelontor Tunjangan Komunikasi

Nasional

Dicairkan diberikan mulai September hingga Desember 2020

01 Sep 2020 12:25 WIB

Menkeu Bagi Paket Data Gratis untuk ASN dan Mahasiswa

Nasional

Paket Data Gratis untuk ASN dan mahasiswa gratis sudah diteken Menkeu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...