Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani untuk kedua kalinya meraih penghargaan Finance Minister of the Year for East Asia Pacific, alias Menteri Keuangan terbaik di Asia Tenggara dan Pasifik tahun 2020 oleh Majalah Global Markets. (Foto: Dok. Global Markets)
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani untuk kedua kalinya meraih penghargaan Finance Minister of the Year for East Asia Pacific, alias Menteri Keuangan terbaik di Asia Tenggara dan Pasifik tahun 2020 oleh Majalah Global Markets. (Foto: Dok. Global Markets)

Sri Mulyani Menteri Keuangan Terbaik di Asia Tenggara dan Pasifik

Ngopibareng.id Ekonomi dan Bisnis 12 October 2020 23:34 WIB

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati kembali meraih penghargaan dunia. Dia meraih penghargaan Finance Minister of the Year for East Asia Pacific, alias Menteri Keuangan terbaik di Asia Tenggara dan Pasifik tahun 2020 oleh Majalah Global Markets.

Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya diterima oleh Sri Mulyani. Dia pernah mendapatkan penghargaan serupa dan dari institusi yang sama di tahun 2018.

Sebelumnya, Sri Mulyani juga dinobatkan oleh Majalah Global Markets sebagai menteri keuangan terbaik tahun 2018. Anugerah Finance Minister of the Year East Asia Pacific itu diberikan atas kinerjanya mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang dibandingkan saat ia kali pertama menjabat lebih dari 10 tahun lalu.

Menurut Majalah Global Markets, Sri Mulyani mendapatkan penghargaan tersebut atas prestasinya dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Mereka menilai komitmen pemberian stimulus fiskal dalam bentuk perlindungan sosial, insentif perpajakan, penjaminan pinjaman, dan subsidi bagi sektor usaha yang terdampak paling besar layak diapresiasi.

Selain itu, keputusan untuk memperlebar defisit melebihi batas maksimum yang di tetapkan dalam undang-undang sebesar 3 persen dari PDB juga menjadi poin yang penting atas dipilihnya Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan terbaik.

"Penghargaan tersebut hendaknya menjadi pemicu perbaikan bagi pengelolaan fiskal. Sebab, tantangan Indonesia masih berat dan panjang ke depan. Raihan ini telah menandakan kita sudah on the right track," kata mantan Direktur Dana Moneter Internasional (IMF) itu.

Sebagai informasi, Global Markets adalah majalah berita terkemuka di bidang pasar ekonomi internasional. Majalah ini selama 30 tahun terakhir diterbitkan pada saat pertemuan sidang tahunan IMF-World Bank Group.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Nov 2020 23:37 WIB

LaNyalla Dorong Jatim Jadi Contoh Percepatan Pembangunan

Jawa Timur

PP 80 Tahun 2019 diharapkan dapat meningkatkan ekonomi.

23 Nov 2020 23:05 WIB

Update Covid-19: Pasuruan Laporkan 9 Orang Positif

Jawa Timur

Total ada 1.794 orang di Pasuruan yang positif Covid-19.

23 Nov 2020 22:30 WIB

Ribuan Anak Afghanistan Meninggal, Lembaga Donor Galang Bantuan

Human Interest

Save the Children mengatakan 26 ribu anak meninggal di Afghanistan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...