Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Istimewa)

Sri Mulyani Masuk Kabinet Lagi, Ini Komentar PDIP

Politik 16 August 2019 08:40 WIB

Politisi senior PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari tak permasalahkan masuknya kembali nama Sri Mulyani dalam jajaran kabinet Kerja jilid II. Menurut Eva, jatah menteri jalur profesional sepenuhnya ada di tangan Jokowi.

"Jalau profesional kan hak prerogatif presiden. Kita orang-orang partai dikasih yang 45 persen itu dan dengan asas proporsional. Masing-masing menyiapkan sesuai kuota," kata Eva Jumat 16 Agustus 2019.

Partai-partai politik kata dia, sudah menyiapkan dan menyodorkan ke Joko Widodo kader terbaiknya untuk mengisi kuota 45 persen jatah menteri bagi kalangan partai politik.

"Kami (parpol) kan dibagi 45, mereka (non parpol) kan 55. Perkara mereka itu 55 siapa, ya itu Pak Presiden. Kami menyiapkan yang 45 persen itu," ujar Eva.

Terkait nama Sri Mulyani, Eva mengaku tidak mempermasalahkan. Kinerja Sri Mulyani dinilai sudah bagus meskipun tetap ada beberapa kebijakan yang harus dikritisi.

"Bu Sri Mulyani sudah bagus, tapi kurang pro rakyat. Masak UMKM dikasih pajak, wong-wong cilik dikasih pajak. Problem kita adalah kinerja beliau di bidang fiskal, terutama pajak ya karena tidak bisa sampai target," kata dia.

Sekadar diketahui nama Sri Mulyani muncul ketika Wapres Jusuf Kalla bertemu dengan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif di Jogjakarta, Kamis 15 Agustus 2019 kemarin.

Kepada wartawan usai bertemu Jusuf Kalla, Buya menyebut nama Sri Mulyani. "Disebut tadi yang siapa, Menteri Perekonomian (Keuangan) Sri Mulyani, tapi nggak tahu dia jadi Menko apa tetap Menteri Keuangan. Itu yang baru disebut, yang lain belum disebut," kata Buya.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Aug 2020 15:24 WIB

Mulai Hari Ini Gaji dan Pensiun ke 13 Dibayar

Nasional

Pejabat tinggi mulai presiden, menteri, anggota DPR tidak terima gaji ke 13

05 Aug 2020 22:16 WIB

Karyawan Gaji di Bawah Rp5 Juta dapat Bantuan Pemerintah

Nasional

Alokasi bantuan selama 6 bulan.

27 Jul 2020 17:20 WIB

Sri Mulyani Dorong Jawa Timur Ajukan Stimulus Perekonomian

Ekonomi dan Bisnis

Program Pemulihan Ekonomi Nasional sudah diajukan oleh Jakarta dan Jabar.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...