Daniel Oss dengan sepeda Specialized baru. (Foto: Istimewa)
Daniel Oss dengan sepeda Specialized baru. (Foto: Istimewa)

Specialized 'Bocorkan' Frame Ringan Terbaru

Ngopibareng.id Gowes Bareng 19 September 2020 09:53 WIB

Balapan grand tour Tour de France 2020 tinggal sehari lagi, berakhir Minggu, 20 September 2020. Tapi sudah ada yang baru dari Specialized. Dua pembalap top tim Bora-Hansgrohe, Daniel Oss dan Peter Sagan keduanya “membocorkan” foto sepeda Specialized terbaru di akun resmi Instagram mereka.

Tidak ada keterangan yang menjelaskan soal frame baru di postingan kedua pembalap itu. Hanya tertulis break the rule. Bisa diartikan bahwa sepeda baru itu akan lebih ringan dari batas bobot minimal sepeda UCI 6,8 kg.

Daniel Oss dan Specialized baru Foto IstimewaDaniel Oss dan Specialized baru. (Foto: Istimewa)

Memang, bila dilihat bentuknya, frame itu tidak terlalu istimewa. Bentuknya double diamond seperti mayoritas frame sepeda. Bahkan bagian seatstay-pun tidak turun (dropped). Jadi masih menyatu dengan top tube.

Padahal dropped seatstay adalah salah satu keunggulan Specialized Tarmac SL7. Sepeda yang digunakan tim worldtour Bora-Hansgrohe dan Deceunink-Quickstep di ajang Tour de France 2020.

Warna hitam dof tanpa decal hanya logo S warna emas di headtube Foto Istimewa Warna hitam dof tanpa decal, hanya logo S warna emas di headtube. (Foto: Istimewa)

Lalu, melihat seat collar pun modelnya masih seperti sepeda lawas. Tidak ada yang istimewa dari bentuk luar frame ini. Kecuali menggunakan pengereman disc brake.

Specialized baru yang ringan diangkat dengan satu tangan oleh Daniel Oss Foto IstimewaSpecialized baru yang ringan diangkat dengan satu tangan oleh Daniel Oss. (Foto: Istimewa)

Besar kemungkinan frame Specialized baru ini mengunggulkan sisi bobot ringannya. Terlihat dari postingan Daniel Oss yang mengangkat sepeda yang dipasangi groupset Shimano Dura-Ace dan wheelset Roval hanya dengan satu tangan. Jelas menggambarkan bahwa Specialized baru ini berbobot ringan.

Sisi warna juga hanya hitam dof tanpa decal hanya logo S warna emas di headtube. Kabel-kabel pun tidak disembunyikan. Terlihat jadi seperti sepeda biasa.

Soal nama, Specialized terlihat pernah mendaftarkan nama Vaunt dan Aethos di website resmi UCI. Apakah salah satu dari dua nama itu menjadi nama sepeda baru ini? Kita nantikan bersama setelah Tour de France 2020 resmi selesai besok Minggu.

Penulis : Yudy Hananta

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Oct 2020 21:30 WIB

Sinopsis Flying Swords of Dragon Gate: Jurus Pedang Jet Li

Film

MNC TV akan menayangkan film Flying Swords of Dragon Gate.

21 Oct 2020 20:49 WIB

Ipuk Janji Perkuat Perlindungan & Pendampingan Pekerja Migran

Pilkada

Ipuk juga akan melakukan pendampingan terhadap eks pekerja migran.

21 Oct 2020 20:42 WIB

Ikut Roadshow Kampanye Er-Ji, Risma Sudah Izin Cuti ke Khofifah

Pilkada

Khofifah telah memberi lampu hijau untuk Risma

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...