Dalang Penipu 59 Calon Jemaah Haji Masih Samar

15 Aug 2019 14:55 Jawa Timur

Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Festo Ari Permana mengatakan sosok dalang di balik penipuan 59 calon jemaah haji, Syaifullah dinyatakan masih misterius oleh pihak Kepolisian.

"Sudah kita gali informasi dan kita datangkan saksi ahli dari Kemenag. Nama Syaifullah tidak ada," kata Festo.

Festo mengaku tersangka Murtaji Junaedi tidak terlalu mengenal Syaifullah. Bahkan, Junaedi juga tidak mengerti identitas lengkap orang yang disebut menipunya itu.

Festo menyebut beberapa korban yang diperiksa juga tak mengenal Syaifullah. Kesemuanya hanya berhubungan dengan Junaedi saja.

"Syaifullah tidak pernah diketahui secara detail identitasnya oleh tersangka. Dan polisi juga masih kesulitan mencari identitas pelaku," ujar Festo.

Dalam teknis penyetoran uang dari pelaku Junaedi ke Syaifullah dilakukan secara transfer. Tidak pernah mereka saling bertemu untuk membahas keberangkatan.

Hanya saja, sebelum melancarkan aksinya Junaedi dan Syafullah bertemu saling bertemu sebanyak enam kali. Setelah itu kata Festo mereka tak pernah saling bertemu lagi.

"Ada yang langsung tapi kebanyakan transfer. Paling banyak ke tersangka. Kalau keterangan dari tersangka ada yang dia kirim, tapi belum banyak. Itu baru keterangan, kita butuh pendukung lainnya seperti rekening korban dan segala macam," ucap Festo.

Seperti diketahui, sebanyak 59 orang berseragam haji melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jatim. Warga yang berasal dari beberapa daerah di Jatim ini merasa tertipu karena tak jadi berangkat haji.

Padahal, mereka sudah membayar sejumlah uang mulai Rp 5 juta hingga Rp 35 juta agar bisa mendapat kuota pemberangkatan haji di tahun ini. Polisi akhirnya menetapkan koordinator penyelenggara sebagai tersangka dan melakukan penahanan.

Penulis : Haris Dwi
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini