Tampilan depan aplikasi Maximom (Foto: istimewa)
Tampilan depan aplikasi Maximom (Foto: istimewa)

Solusi Cepat Mencari ART Dengan Maximom Karya Mahasiswa Stikom

Ngopibareng.id Teknologi dan Inovasi 26 July 2019 21:00 WIB

Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer (Stikom) Surabaya menciptakan aplikasi penyedia jasa asisten rumah tangga yang diberi nama Maximom.

Benny Wahyu Yuwono, salah satu tim mengatakan, aplikasi ini diciptakan untuk memudahkan majikan dalam mencari pembantu atau asisten rumah tangga yang sesuai keinginannya.

"Maximom didesign untuk memudahkan majikan mencari ART sesuai spesifikasi yang dibutuhkan," ujarnya, saat dikonfirmasi, Jumat 26 Juli 2019.

Kata Benny, mekanisme aplikasi ini ialah mempertemukan majikan dengan calon ART yang terampil dan sesuai spesifikasi yang dibutuhkan. Bila ada kecocokan, baru berlanjut ke tahap tanda tanggan kontrak dan bertemu di kantor Maximom.

"Dengan aplikasi ini, tentu majikan sangat terbantu dalam mencari asisten rumah tangga dalam waktu yang singkat. Dan majkan pun bertemu hanya satu kali, bila memamg menghendaki ART tersebut," kata mahasiswa semester 6 sistem informasi ini.

Bagi ART yang ingin masuk dalam aplikasi ini, kata Benny, Maximom memiliki standar khusus. Setiap ART yang terdaftar di aplikasi ini harus melewati seleksi dari tim aplikasi sesuai syarat yang telah ditentukan. 

"ART harus mendaftar dulu ke aplikasi ini. Untuk syarat bisa masuk hanya usia di atas 18 tahun. Namun mengenai seleksi selanjutnya akan kami tentukan," katanya.

Tampilan layanan aplikasi Maximom Foto Istimewa Tampilan layanan aplikasi Maximom (Foto: Istimewa)

Selain itu, dalam aplikasi ini juga terdapat pelatihan dan pembelajaran mengenai psikologi anak, gizi anak, kepribadian, pendidikan, dan parenting untuk masyarakat yang membutuhkan.

Misal, kata Benny, mereka yang sudah punya asisten rumah tangga (ART) dan ingin dilatih di Maximom atau bagi mama yang ingin memaksimalkan sendiri dirinya.

"Kalau pendukung aplikasi ini ada layanan antar jemput anak, laundry, dan penyedia sayur mayur khusus bagi mitra atau pelanggan Maximom," katanya.

Saat di tanyai mengenai hambatan dalam proses menluncurkan MAXIMOM, Benny mengatakan ialah kepercayaan dan customer loyalty di Indonesia.

"Mengingat kami masih pendatang baru dalam dunia bisnis ini. Namun, semoga kedepannya, bisa menjadi kepercayaan masyarakat dalam membantu memaksimalkan peran mama Indonesia dalam mengatur rumah dan mendidik generasi emas Indoensia," katanya.

Selain itu, Benny serta kawan-kawannya menginginkan aplikasi ini menjadi solusi bagi para majikan atau mama dalam mencari ART dalam waktu cepat dan tepat sesuai keingingan majikan.

"Ke depan, kami ingin bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja agar aplikasi ini dipercaya membantu mengurangi jumlah pengangguran," imbuhnya. (pts)

Penulis : Pita Sari

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 03:08 WIB

Saat Peradaban Barat Mundur, Tak Otomatis Islam Jadi Alternatif

Khazanah

Prof Azyumardi Azra tentang perdamaian dunia

21 Jan 2021 23:14 WIB

Bupati Sleman Positif Corona setelah Divaksin, Ini Kata Kadinkes

Nusantara

Justru kalau sudah divaksin, kena covid-19 gejalanya gak akan berat.

21 Jan 2021 22:43 WIB

Airlangga Hartarto Ketahuan Positif Covid-19 karena Donor Plasma

Nasional

Airlangga Hartarto sempat sembunyikan status Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...