Kawanan kera di Taman Wisata Wendit, Malang ketika menyerbu bantuan pangan berupa nasi tumpeng (Foto: istimewa)

Kera di Wendit Malang Kelaparan, Warga Setempat Pasok Makanan

Human Interest 02 June 2020 18:30 WIB

Beberapa pekan terakhir, warga di sekitar Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang sering kedatangan tamu tak diundang. Kera ekor panjang (macaca fascicularis) penghuni Taman Wisata Wendit di desa setempat, sering masuk ke rumah warga untuk mencari makan. Ratusan kera tak mendapat asupan pangan yang cukup sejak Pemkot Kabupaten Malang mentutup taman wisata sejak 5 Maret 2020, akibat pandemi covid-19.

"Mereka masuk ke pemukiman warga. Ada warga yang buah jambunya diambil," tutur Juru Kunci Taman Wisata Mendit, Rupi'atin pada Selasa 2 Juni 2020.

Rupi'atin merasa prihatin terhadap kondisi kera-kera tersebut. Menurutnya, di masa pandemi covid-19 ini, kera juga patut untuk diperhatikan karena merupakan bagian dari makhluk hidup. "Kita semua juga harus menghormati hak semua makhluk hidup, tak terkecuali kera-kera ini," ujarnya.

Pada akhirnya, Rupi'atin berkomunikasi dengan salah satu orang yang dikenal dengan nama Restu, yang kemudian menyebarkan kondisi kelaparan yang dialami skeitar 450 ekor kera di Taman Wisata Mendit.

"Alhamdulillah setelah itu respon dari semua pihak sangat luar biasa," tuturnya. Satu minggu sebelum ibadah puasa berakhir, berbagai komunitas yang ada di Malang akhirnya bersolidaritas untuk memberikan makanan kepada kawanan kera tersebut.

"Alhamdulillah, monyet sekarang sudah tidak kelaparan. Otomatis kalo sudah kenyang monyet tidak ke rumahnya warga," tuturnya.

Diceritakan Rupi'atin, dari berbagai komunitas tersebut banyak yang membawakan aneka macam buah dan sayuran dalam jumlah besar, seperti mentimun, pisang, bayam serta ada juga yang membawakan tumpeng.

"Tujuan saya adalah agar kera di sini diperhatikan. Saya bersyukur banyak teman-teman komunitas yang memperhatikan. Ini adalah bentuk berbagi kepada sesama makhluk hidup termasuk hewan," katanya.

Rupi'atin mengatakan, dalam waktu dekat Taman Wisata Wendit akan beroperasi kembali setelah masa transisi Malang Raya usai. "Kemungkinan ya sekitar tanggal 7 Juni 2020. Semoga terwujud," tutupnya.

Taman Wisata Wendit dipercaya sebagai tempat pelesir favorit para selir dan raja Majapahit, sekaligus menjalankan prosesi ritual. Banyak orang meyakini, air yang ada di kawasan wisata ini, dipercaya membuat awet muda.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 11:45 WIB

UTBK Hari Pertama, Doa Belajar Hingga Tips Jawab Soal Trending

Reportase

UTBK hari pertama, doa belajar pun jadi populer.

05 Jul 2020 11:40 WIB

Viral, Maudy Ayunda Berantem dengan Pacar Saat Live Instagram

Gosip Artis

Maudy berdebat dengan pria yang diduga pacar barunya.

05 Jul 2020 11:35 WIB

Hari Pertama, 74 Server UTBK Berjalan Lancar

Pendidikan

Ketua LTMPT: UTBK di Indonesia Berjalan Lancar

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...