Menlu RI Retno Marsudi. (Foto: kemlu)

Soal PenangananTerorisme, Resolusi RI Ditanggapi Serius

Internasional 28 July 2020 07:43 WIB

Untuk kali kedua Republik Indonesia (RI) akan menjalankan Presidensi di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB), selama menjadi anggota tidak tetap periode 2019 – 2020.

Setelah menjabat Presidensi DK PBB Mei 2019, per 1 Agustus mendatang Indonesia akan memulai tugasnya itu untuk kedua kalinya selama sebulan penuh.

Terdapat outcome documents dua dokumen hasil yang ditargetkan Indonesia selama presidensinya, yaitu resolusi terkait penanggulangan terorisme dan partisipasi Pasukan Perempuan dalam Misi Pemeliharaan Perdamaian.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, menjelaskan terkait penanggulangan terorisme menitikberatkan pada penanganan terorisme yang melibatkan soft approach (pendekatan lunak) yaitu tahapan penuntutan, rehabilitasi dan integrasi (PRR).

“Terkait penanggulangan terorisme khususnya isu prosecution, rehabilitation and reintegration (PRR),” ujar Retno Marsudi, dalam keterangan Selasa, 28 Juli 2020.

Sebagaimana diungkapkan pada press briefing rutin sebelumnya, Retno menjelaskan, dengan adanya PRR Indonesia mendorong agar dalam penindakan terhadap teroris, tidak hanya difokuskan pada aspek penegakkan hukum.

“Kemudian, terkait dengan Indonesia bermaksud mendorong pendekatan yang komprehensif dalam penanganan terorisme. Sehingga, Dewan Keamanan PBB tidak hanya fokus aspek penegakan hukum saja, tetapi juga upaya rehabilitasi dan reintegrasi pelaku terorisme ke masyarakat,” terang Retno Marsudi.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Sep 2020 09:07 WIB

Tiga Pesan Khusus, Ulil Abshar: Jangan Sowan Rama Kiai Dulu

Khazanah

Sikap pandemi Covid-19 dengan hati-hati dan taati Protokol Kesehatan

19 Sep 2020 08:55 WIB

Pemkot Batu Konfirmasi 31 Santri Ponpes Al-Izzah Positif Covid-19

Jawa Timur

Kasus bermula pada 23 Agustus 2020.

19 Sep 2020 08:09 WIB

Tiga Jalan Bermimpi Rasulullah, Ijazah Prof Quraish Shihab

Islam Sehari-hari

Meneladani kehidupan Nabi Muhammad, bershalawat dan berdakwah

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...