Siti Nurbaya Bakar di Istana Negara, Jakarta. (Foto: asm/ngopibareng.id)

Soal Pemindahan Ibu Kota Negara, Ini Tugas Siti Nurbaya

Reportase 22 October 2019 12:19 WIB

Siti Nurbaya memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo, datang ke Istana Merdeka Jakarta, Selasa 22 Oktober. Di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Siti datang sekitar pukul 10.15 WIB.

Sama dengan yang lainnya, Siti mengenakan kemeja putih. Dalam Kabinet Kerja, Siti bertugas sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Belum diketahui posisi menteri apa yang akan diberikan untuk Siti di Kabinet Jokowi periode kedua ini.

Apa hasil pertemuan dengan Presiden hari ini?

"Perintah Presiden, menetapkan wilayah Kalimantan Timur sebagai lokasi ibu kota negara yang baru. Sekaligus, dalam kaitan dengan pekerjaan memperbaiki lingkungan. Jadi, aspek lingkungan dan kehutanan harus dijaga," tutur kader Partai NasDem.

Menurut, bila dalam pemindahan ibu kota negara dengan membuka lahan baru dari kawasan kehutanan, itu salah.

"Tugas kami, justru menjadikan hutan itu tetap menjadi hutan negara, hutan produksi. Hal itu menjadi investasi untuk digunakan sebagai sistem strategi nasional," tutur Siti Nurbaya.

"Mudah-mudaha pada bulan Desember, areal itu sudah bisa digunakan. Penyiapannya bertahap, konsepnya kita bukan merusak hutan. Tapi, kita membangun secara bertahap untuk menjaga lingkungan," kata Siti.

Soal kebakaran hutan, menurut Siti, hal itu telah terjadi cukup lama. Pada tahun 2015 telah terjadi kebakaran dengan kawasan yang cukup luas.

"Saya minta jangan menggunakan konsep darurat. Bisa siaga darurat, sebagia upaya pencegahan. Dengan patroli terus-terusan. Reguler. Ternyata faktor di lapangan, ada illegal logging," katanya.

Sarana untuk patroli harus jalan. Ini yang menjadi pesan dari Presiden Joko Widodo kepada Siti Nurbaya dalam kaitan kebakaran hutan dan lahan.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

12 Jul 2020 11:32 WIB

Gereja Katredal Jakarta Kembali Gelar Misa

Nasional

Setelah tiga bulan misa dilakukan secara daring.

12 Jul 2020 08:19 WIB

Mengejutkan! Mahasiswa dan Poligami di Mata Dosen di Jakarta

Islam Sehari-hari

Termasuk pro dan kontra mufassir tentang poligami

11 Jul 2020 20:45 WIB

Gereja Katedral Jakarta Resmi Dibuka Kembali Minggu Besok

Nasional

Mulai Minggu 12 Juli 2020, Gereja Paroki Katedral Jakarta akan dibuka

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...