Maverick Vinales merasa kecepatan M1 2020 belum seperti yang dia harapkan. (Foto: Twitter/
Maverick Vinales merasa kecepatan M1 2020 belum seperti yang dia harapkan. (Foto: Twitter/
Jelang MotoGP San Marino

Soal Mesin M1 2020, Vinales: Belum Seperti yang Diharapka

Ngopibareng.id MotoGP 31 August 2019 15:33 WIB

Bukan rahasia lagi, Ducati selalu menjadi tolok ukur bagi pabrikan lain soal kecepatan, terutama di trek lurus. Pabrikan asal Italia ini belum ada lawannya sampai saat ini. Para pembalap Yamaha pun berharap, dengan mesin 2020 yang baru, minimal mereka bisa mendekati.

Namun, pada tes Misano 2019, mesin M1 baru Yamaha ternyata di bawah ekspektasi duo pembalap utama Yamaha, khususnya Maverick Vinales. Pembalap Spanyol itu merasa mesin M1 paling anyar belum mendekati kecepatan Ducati, meski hasil tes Yamaha di Misano cukup mengesankan karena menempatkan empat motor M1 di posisi enam besar.

“Bukan seperti yang saya harapkan, tapi kami yakin akan melakukan beberapa langkah dalam pengembangan yang mengarah pada peningkatan kecepatan,” ujar Vinales dikutip dari Speedweek.

Hal yang sama diungkapkan Rossi usai tes. Menurutnya, pengembangan yang dilakukan Yamaha dalam hal kecepatan memang tidak ada yang baru, atau relatif sama dengan M1 2019.

Namun kedua pembalap itu sepakat, ada kemajuan lain yang mereka rasakan. Seperti diungkapkan Rossi, Swingarm serat karbon, knalpon ganda, serta komponen baru lainnya membawa dampak positif pada bagian tertentu, minimal kondisi ban belakang lebih awet sehingga daya cengkeramnya di lintasan licin layaknya Misano jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Dan yang lebih menyenangkan bagi mereka, di suhu panas sekali pun, daya cengkeram ban belakang motornya lebih kuat dibanding sebelumnya. Bahkan hasil tes menunjukkan, pengembangan itu cukup baik bagi semua jenis ban, baik lunak, medium, maupun keras.

Yamaha pun besar kemungkinan akan menggunakan sejumlah komponen anyar ini saat mereka memulai balapan di Misano, mulai latihan bebas pada 13-14 September 2019 maupun saat balapan yang akan berlangsung 15 Spetember 2019 nanti.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Feb 2021 22:35 WIB

Petronas Rilis Motor Rossi dan Morbidelli Awal Maret

MotoGP

Tunggangan Rossi dan Morbidelli segera dirilis.

24 Nov 2020 22:55 WIB

Dipecat Yamaha, Jorge Lorenzo Sindir Cal Crutchlow Hobi Jatuh

MotoGP

Jorge Lorenzo masih belum terima dipecat Yamaha.

23 Nov 2020 13:08 WIB

Rossi Berpisah dengan tim Yamaha Setelah 15 Tahun Bersama

MotoGP

Valentino Rossi berpisah dengan tim Monster Energy Yamaha.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...