Soal Mendadak Ustad, Ternyata Ini Muasal Tengku Zulkarnain

09 Jun 2019 18:24 Tokoh

Tengku Zulkarnain mendadak ustad ternyata menjadi viral. Meskipun itu berasal dari cuitan lama seorang keponakan Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kicauan itu berasal dari akun @DHadibrata, sosok yang mengaku sebagai keponakan Tengku Zul.

Dalam cuitannya, @DHadibrata menuliskan bahwa sang paman memiliki sapaan akrab 'Ayah Naen'.

Selain itu, ia juga mengaku tak tahu asal-usul Tengku Zul menjadi ustaz, yang menurutnya terjadi secara tiba-tiba.

"Tengku Zul ini om saya... panggilannya Ayah Naen.... Dulu penyanyi di RRI... masih suka main keyboard Yah? Dulu setahu saya bukan ustaz, tiba-tiba saja jadi ustaz," bunyi kicauan @DHadibrata pada 19 April 2018, yang kembali diungkit pengguna akun Twitter @HsanRice, Jumat 7 Juni 2019.

Cuitan Tengku Zul  Twitterustadtengkuzul
Cuitan Tengku Zul - (Twitter/@ustadtengkuzul)

Tengku Zul lalu menyampaikan kalrifikasi dan menampik pernyataan @DHadibrata. Ia menjelaskan riwayat pendidikannya sejak kecil hingga kemudian menyandang gelar 'ustaz'.

"Tiba-tiba jadi ustaz? Salah, Nak. Ayah Naen belajar ngaji sejak usia 4 tahun. Usia 8 tahun juara MTQ tingkat Kota Medan dan mewakili Medan di MTQ tingkat Sumut usia 9 Tahun. Ngajar Madrasah Muhammadiyah Tanjung Sari Usia 16 tahun, dan terus mengaji sampai sekarang dengan guru-guru tua..." tulis Tengku Zul.

Pada penjelasan berikutnya, pria kelahiran Medan itu menceritakan perbincangannya dengan Ketua MUI Maruf Amin tentang bakatnya bermain gitar.

"Setelah berhenti main musik tahun 1988, saya terpaksa main di Korea Selatan. Ketika pulang ke Jakarta di rapat pimpinan MUI di Kantor MUI, Yai Ma'ruf Amin bertanya kepada saya dalam rapat perihal main gitar itu. Setelah saya jawab, beliau mengatakan, 'Jika perlu tiap dakwah main gitar...!" jelasnya.

Cuitan Tengku Zul  Twitterustadtengkuzul
Cuitan Tengku Zul - (Twitter/@ustadtengkuzul)

Pengakuan @DHadibrata tentang Tengku Zul juga pernah ia sampaikan pada Rais Syuriah PCNU Australia Nadirsyah Hosen alias Gus Nadir. Menurut kicauan itu, ia bahkan tak tahu kapan Tengku Zul bersekolah agama.

Saat itu, Minggu 21 April 2019, Gus Nadir meminta melalui Twitter agar Tengku Zul tidak membodohi umat dengan penghitungan hasil pilpres yang tak didasari ilmu pasti.

Keponakan Tengku Zul lalu membalas, "Pakcik saya dia itu Prof... entah kapan sekolah agamanya, tahu-tahu jadi ustaz... dulu penyanyi di RRI Medan."

Cuitan keponakan Tengku Zul  TwitterDHadibrata
Cuitan keponakan Tengku Zul - (Twitter/@DHadibrata)

Sebelumnya, pada Juli 2018 silam, Tengku Zul pernah menjawab pertanyaan @DHadibrata di Twitter tentang karier musiknya.

Lelaki 55 tahun itu lalu meminta didoakan supaya konsisten untuk mendalami agama Islam.

"Ayah Naen.... Masih suka nyanyi di RRI Medan enggak?" tulis @DHadibrata.

"Ayah sudah berhenti menyanyi sejak tahun 1988, anakku. Mohon doanya selalu agar istikamah dalam agama ini. Amin. Semoga Allah merahmati kamu dan keluarga, Nak..." jawab Tengku Zul. (adi)

 

Cuitan Tengku Zul  Twitterustadtengkuzul
Cuitan Tengku Zul - (Twitter/@ustadtengkuzul)
"Pengakuan @DHadibrata tentang Tengku Zul juga pernah ia sampaikan pada Rais Syuriah PCNU Australia Nadirsyah Hosen alias Gus Nadir. Menurut kicauan itu, ia bahkan tak tahu kapan Tengku Zul bersekolah agama."