Survei Polmark Indonesia tentang Pilgub Jatim Soal Karakter, Gus Ipul-Mbak Puti Unggul Segalanya atas Khofifah-Emil

14 Mar 2018 19:34

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Sukarno (Gus Ipul-Mbak Puti) tak hanya unggul dalam hal elektabilitas atas pasangab Khofifah-Emil Dardak. Kandidat nomor urut 2 itu ternyata juga unggul dalam hal identitas atau karakter kandidat.

Itu terungkap dalam hasil survei terbaru Pilgub Jatim yang dilakukan Polmark Indonesia. Survei yang dilakukan bulan Januari 2017 dengan responden 1200 itu dipaparkan Direktur Pollmark Eko Bambang Subiantoro di Hotel Mercure Surabaya, Rabo (14/2018). Ikut membahas hasil survei pengamat politik Unair Prof Dr Kacung Marijan dan Novri Susan.

Selain soal popularitas dan elektabilitas, survei Polmark ini juga merekam tentang sikap responden terhadap sifat pemimpin dan pertimbangan memilih pemimpin. Salah satunya tentang perbandingan identitas atau karakter kandidat. Dalam hal ini, kedua kandidat dibandingkan soal komitmennya terhadap pemberantasan korupsi, mewakili masyarakat yang beragam, mewakili aspirasi ummat islam, dan mampu mempersatukan semua kelompok, golongan dan agama.

Terhadap semua indikator karakter kandidat itu, Gus Ipul-Mbak Puti ternyata unggul segalanya dibanding Khofifah-Emil. Responden yang yakin Gus Ipul-Mbak Puti punya komitmen terhadap pemberantasan korupsi ada 40,5 persen. Sedangkan Khofifah-Emil hanya 22,9 persen.

Demikian juga soal mewakili masyarakat yang majemuk. Sebanyak 44,9 persen responden yakin pasangan urut nomor 2 itu mampu mewakili masyarakat yang majemuk, sementara hanya 24,5 persennya meyakini pasangan nomor urut satu mampu. Angka yang hampir sama juga dalam hal aspirasi ummat Islam dan kemampuan mempersatukan semua kelompok, golongan dan agama.

Data tersebut sejalan dengan kecenderungan rersponden yang memilih kandidat karena kejujuran dan amanah. Soal sifat kepemimpinan gubernur, pemilih Jatim secara berurutan menghendaki pemimpin yang jujur, amanah, merakyat, peduli orang miskin, tegas, baik dan pandai menempatkan diri.

Yang juga menarik dari hasil survei Polmark ini adalah tingkat kepuasan warga Jatim terhadap kinerja Gus Ipul sebagai Wakil Gubernur Jatim selama dua periode. Sebanyak 68,9 persen responden puas terhadap kinerja Gus Ipul. Angka ini hampir sama dengan tingkat kepuasan kepada gubernur Jatim sebesar 70,9 persen.

Survei Polmark tentang pilgub Jatim ini memiliki margin error 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Selain itu, sebaran respondennya menyasar 38 kota dan kabupaten se Jawa Timur. (azh)