Ilustrasi kompetisi Seri A Italia.

Soal Bursa Transfer, Liga Italia Contoh Liga Inggris

06 Mar 2018 09:27

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Lega Calcio sebagai operator kompetisi Serie A Italia mengumumkan perubahan jendela transfer pemain di kompetisi sepak bolanya. Mulai musim 2018/2019, batas akhir deadline transfer pemain dimajukan menjadi tanggal 18 Agustus.

Hal ini dilakukan, sebab Serie A ingin menjadikan Liga Primer Inggris sebagai contoh. Pihak berwenang Italia telah memilih memajukan batas akhir transfer pemain dengan tujuan memaksa klub melakukan semua aktivitas transfer mereka sebelum kompetisi dimulai terlalu jauh.

Sampai sekarang bursa ditutup pada awal September di sebagian besar negara Eropa, setelah musim tanding dimulai, memicu banyak keluhan mengenai spekulasi transfer yang membayang-bayangi sepak bola itu sendiri.

Para pelatih juga mengatakan mereka tidak dapat menyiapkan tim secara layak untuk musim baru karena sering kehilangan pemain-pemain kunci setelah beberapa pertandingan.

Malago, yang merupakan presiden Komite Olimpiade Italia (CONI), juga mengatakan Liga Italia akan memainkan dua putaran pertandingan antara Natal dan Tahun Baru, lagi-lagi mengikuti model Liga Inggris.

Bagaimanapun, nantinya akan ada libur musim dingin selama tiga pekan. "Musim depan, pertandingan-pertandingan akan dimainkan pada 22, 26, dan 29 Desember, dan kejuaraan akan kembali dimulai pada 20 Januari," katanya.

Italia secara tradisional memiliki libur sebelum Natal dan Tahun Baru, namun hal itu berubah pada musim ini ketika putaran pertandingan-pertandingan liga dimainkan pada 30 Desember dan pertandingan-pertandingan Piala Italia dimainkan pada 26 dan 27 Desember.

Dengan demikian, musim depan untuk pertama kalinya program sepak bola papan atas Eropa padat, dengan Liga Italia dan Liga Inggris bersaing mendapatkan perhatian global, demikian menurut siaran kantor berita Reuters. (hrs)