Anggota Komisi VI DPR RI Bowo Sidik Pangarso (rompi jingga), salah satu tersangka kasus suap pengangkutan bidang pelayaran untuk kebutuhan distribusi pupuk menggunakan kapal PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK). (Foto: Antara/Benardy)

Soal Bagi-bagi Amplop, Ini Respon DPP Golkar

Politik 10 April 2019 14:35 WIB

Ketua DPP Partai Golkar bidang Media dan Penggalangan Opini, Ace Hasan Syadzily memastikan partainya selalu menjalankan proses demokrasi sehat sehingga tidak ada kebijakan resmi parpol yang membolehkan praktik bagi-bagi amplop.

"Kita serahkan pada proses hukum, yang pasti tidak ada kebijakan resmi seperti itu (bagi-bagi amplop) di Partai Golkar," kata Ace, Rabu, 10 April 2019.

Sebelumnya tersangka korupsi yang juga politisi Golkar, Bowo Sidik Pangarso tertangkap tangan dengan ribuan amplop yang menurut pengakuannya akan digunakan untuk serangan fajar menjelang pencoblosan.

Selama ini, kata Ace, Partai Golkar mewajibkan pada seluruh calon anggota legislatifnya menggunakan strategi pemenangan yang sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Ace yang juga sebagai juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf ini juga mengatakan bahwa pasangan calon 01 juga tidak memiliki strategi bagi-bagi amplop.

Sebelumnya, Bowo sempat mengaku bahwa amplop yang ditemukan KPK merupakan amplop yang berhasil dia kumpulkan setelah diperintah politisi Nusron Wahid.

Pernyataan Bowo ini lantas diperjelas pengacaranya, Saut Edward Rajagukguk yang mengatakan bahwa amplop tersebut akan digunakan untuk pemilihan legislatif bukan untuk pemilihan presiden. (man)

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Aug 2020 06:49 WIB

Golkar Hanya Sodorkan Nama Gus Hans untuk Dampingi Machfud Arifin

Pilkada

Awalnya ada dua nama yang ingin diusulkan, tapi...

29 Jul 2020 10:23 WIB

Mantan Bupati Indramayu Supendi Masuk Sukamiskin

Hukum

Eksekusi dilakukan kemarin oleh Jaksa Eksekusi KPK.

28 Jul 2020 20:58 WIB

Gaduh Soal POP, Ketua LP Ma'arif NU Dipanggil KPK

Nasional

Ketua LP Ma'arif NU PBNU, Z. Arifin Junaidi, dipanggil KPK Selasa 28 Juli.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...