Skil Pengemudi Diuji di Tanjakan Kali Kenteng

12 Jun 2018 16:45

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Sebuah video di jejaring sosial memperlihatkan mobil Daihatsu Ayla tiba-tiba mati ketika melewati jalur tol fungsional ruas Salatiga-Kartasura. Mobil ini mati di tanjakan ketika melewati Jembatan Kali Kenteng, Susukan, Semarang, Jawa Tengah.

Service Departement Head Daihatsu Anjar Rosjadi pun memberikan pendapatnya soal video tersebut. Ia menilai rasanya bukan salah dari kondisi jalanan atau kendaraan. Namun besar kemungkinan disebabkan karena kurang piawainya pengendara tersebut.

“Saat berhenti mendadak, gunakan rem tangan, jangan mengandalkan gas dan kopling jadi tidak terburu-buru. Dan jangan panik, atau kalau tidak bisa minta tolong sama yang bisa mengendarai mobil manual, daripada kopling hangus lebih baik meminta bantuan kepada yang bisa,” ujarnya.

Buat yang berkendara mengendarai mobil manual, Anjar memberikan saran untuk bisa lebih waspada saat bertemu jalanan menanjak.

“Untuk yang tidak terampil, mungkin yang bisa kita sarankan tidak berhenti di tengah tanjakan. Selain itu pastikan untuk mengambil ancang-ancang saat bertemu dengan jalan yang menanjak,” kata Anjar.

Ia mengklaim, meski bentuk mungil, Daihatsu Ayla tergolong mobil yang tangguh, walau harus melewati tanjakan.

“Pengalaman saya, Daihatsu Xenia 1.000 cc itu saja dilakukan pengetesan tanjakan tidak masalah. Padahal secara desain dan bobot itu lebih besar. Jadi Daihatsu Ayla juga sudah diuji,” ucap Anjar.