Alya Intan Permata dan Muhammad Jawad Ali Akbar saat menunjukan aplikasi belajar matematika yang mereka buat untuk anak SD. (Foto: istimewa)

Siswa SMP Surabaya Buat Aplikasi Belajar Matematika untuk Anak SD

Teknologi dan Inovasi 19 September 2019 10:27 WIB

Guna memaksimalkan penggunaan gadget di kalangan anak-anak, agar dapat digunakan dalam hal positif, salah satunya pembelajaran. Dua siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Surabaya membuat sebuah aplikasi belajar matematika yang menyenangkan untuk siswa sekolah dasar (SD).

Mereka adalah Muhammad Jawad Ali Akbar dan Alya Intan Permata. Aplikasi yang dibuat kedua siswa tersebut diberi nama 'Game With Mathematic'.

Jawad Ali Akbar mengatakan, aplikasi ini memang dibuat agar gadget lebih bermanfaat bagi anak-anak. Tidak hanya bermain game mereka juga bisa belajar dengan gadget-nya.

"Aplikasi belajar matematika untuk siswa SD ini berisi pelajaran matematika, seperti penjumlahan, pengurangan, dan pembagian," ujar siswa yang akrab disapa Jawad ini.

Untuk memudahkan sekaligus membuat anak SD tertarik pada aplikasinya, Jawad menggungkapkan, menggunakan tiga pilihan dalam soalnya. Diantaranya menggunakan huruf, Angka, hewan, dan buah.

Alasan Jawad dan rekannya membuat aplikasi matematika ialah, karena matematika menjadi salah satu pelajaran yang dianggap sulit untuk dipahami.

"Jadi dengan aplikasi ini kami berharap, matematikan dapat lebih menyenangkan di pelajari oleh siswa SD," kata Jawad. 

Aplikasi ini juga telah diuji cobakan kepada siswa SD di sekitar rumahnya juga pada adiknya sendiri. 

Menurut Jawad, dari hasil uji coba tersebut mendapat respon yang baik. "Menurut mereka (siswa SD)  aplikasi ini mudah untuk dipahami dan matematika menjadi lebih menyenangkan untuk dipelajari," sambungnya. 

Jawad dan Alya menambahkan, kedepannya akan mengembangkan fitur aplikasi tersebut dan melakukan sosialisasi tentang aplikasi ini ke sekolah-sekolah SD. 

"Nantinya kami juga tambahkan fitur-fitur soal matematika yang lain,  seperti soal cerita, dan lainnya. Agar siswa SD semakin banyak belajar dengan aplikasi ini," keduanya bersepakat.

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.