Afif Abdilah saat menunjukan video pembelajarannya yang mendapat kategori terbaik dari Kemendikbud. (Foto: Pita Sari/Ngopibareng.id)
Afif Abdilah saat menunjukan video pembelajarannya yang mendapat kategori terbaik dari Kemendikbud. (Foto: Pita Sari/Ngopibareng.id)

Sisipkan MotoGP, Video Pembelajaran SMP Al-Hikmah Lebih Menarik

Ngopibareng.id Pendidikan 30 November 2020 14:15 WIB

Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, pembelajaran dilakukan secara daring. Kondisi ini memberikan tantangan baru bagi para pendidik, sebab mereka harus mengemas pelajaran semenarik mungkin dalam bentuk video.

Untuk itu, Afif Abdilah memberikan tips beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat video pembelajaran agar menarik minat siswa.

Baru-baru ini, video pembelajaran bertema 'Suhu dan Skala Termometer' memiliki durasi selam 3 menit ini berhasil meraih penghargaan kategori video pembelajaran terbaik dari GTK Diknas Kemendikbud 2020.

Guru IPA SMP Al-Hikmah ini membuat tema animasi MotoGP agar lebih menarik minat siswa dalam belajar.

Video pembelajaran karya Afif AbdilahVideo pembelajaran karya Afif Abdilah

"Saya dekatkan dengan kehiduoan nyata, yaitu suhu dan MotoGP. Karena biasanya di MotoGP ada suhunya, tapi skala fahrenheit di Indonesia skala celcius. Lalu saya masukan ke materi untuk mencari berbedaan skalanya," kata Afif kepada Ngopibareng.id.

Setelah memberikan soal dengan animasi MotoGP, Afif pun melanjutkan video dengan keterangan bagaimana mencari perbedaan antara suhu tersebut.

"Kalau dulu konversi suhu menghafal MotoGP hanya untuk persepsi, menarik atensi awal supaya membongkar atensi siswa biar dekat dengan dia, agar mereka bisa mempelajarinya," imbuhnya.

Saat ditanya hal pertama yang harus dilakukan ketika membuat video pembelajaran yang menarik, Afif mengatakan, paling penting adalah idenya.

"Setelah ide sudah ada, lalu perhatikan audionya. Dan penting juga saat membuat video perhatikan copywrite-nya," terangnya.

Sedangkan untuk materi, ia menyarankan, untuk membuat satu materi saja yang dimasukkan dalam video pembelajaran. Sebab bila terlalu banyak, siswa juga akan kebingungan untuk mempelajarinya.

Setelah berhasil membuat video pembelajaran yang menarik. Afif selanjutnya akan membuat buku tentang bagaimana membuat video pembalajaran yang menarik bagi rekan sejawatnya.

 

Penulis : Pita Sari

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

17 Jan 2021 02:48 WIB

Bershalawat itu Penting, Ternyata Ini Jawabannya

Islam Sehari-hari

Jalan memudahkan segala urusan sehari-hari

16 Jan 2021 23:15 WIB

Semeru Erupsi, BNPB Imbau Warga Waspadai Lahar Dingin

Jawa Timur

BNPB meminta warga mewaspadai potensi bencana pasca erupsi Semeru.

16 Jan 2021 22:45 WIB

Letjen (Purn) Sayidiman, Jenderal Penumpas PKI dan Permesta Wafat

Nasional

Letjen (Purn) TNI Sayidiman Suryohadiprodjo wafat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...