Raheem Sterling selebrasi setelah cetak gol ke gawang Real Madrid. (Foto: Twitter/@ManCity)

Sisihkan Madrid, Man City Melaju ke Perempat Final Liga Champions

Liga Champions 08 August 2020 04:39 WIB

Manchester City berhasil menghentikan langkah Real Madrid di Liga Champions 2019/2020. Ini setelah tim besutan Josep Guardiola berhasil memetic kemenangan 2-1 pada laga leg kedua babak 16 besar, Sabtu 8 Agustus 2020 di Etihad.

Dua gol kemenangan Manchester City di pertandingan ini lahir dari dua penyerangnya, Raheem Sterling dan Gabriel Jesus. Sementara satu-satunya gol Madrid dicetak oleh Karim Benzema. Dengan hasil ini, Man City memiliki keunggulan agregat 4-2.  

Kemenangan ini mengantarkan City melangkah ke perempat final sekaligus menjaga asa mereka untuk menjuarai Liga Champions musim ini.

Babak I

Di awal pertandingan, City selaku tuan rumah langsung tampil agresif. Mereka terus menekan pertahanan Madrid. Mengendalikan permainan, City membuat para pemain lawan kelabakan.

Upaya City untuk membuat keunggulan pun membuahkan hasil di menit ke-9. Adalah Raheem Sterling yang membuat Thibaut Courtois memungut bola dari gawangnya.

Gol itu terjadi berkat kesalahan Raphael Varane yang terlalu lama memainkan bola di area pertahanan sendiri. Bola kemudian dicuri oleh Gabriel Jesus yang kemudian mengirim umpan tarik pada Sterling yang datang dari belakang. Tanpa kesulitan, striker City itu menceploskan bola ke gawang Madrid.

City nyaris menambah keunggulan di menit ke-11. Sayang, arah tembakan Ilkay Gundogan dari depan garis kotak penalti berhasil dibaca dengan baik oleh Courtois. Tak lama setelah itu, Sterling kembali memberi ancaman ke gawang Madrid. Namun tembakan dari luar kotak penalti yang ia lepaskan masih bisa dihalau oleh kiper lawan.

Madrid sendiri mencoba untuk mengejar ketertinggalan lewat skema serangan balik. Namun upaya mereka untuk menyamakan kedudukan tak juga berhasil. Berkali-kali mereka mencoba membongkar pertahanan Man City, berulang kali pula mereka gagal.

Di menit ke-19 misalnya, Benzema nyaris menyamakan kedudukan. Tapi saying, tembakan dari depan garis kotak penalty Man City masih mampu ditepis oleh Ederson.

Namun, para pemain Madrid tak putus asa. Serangkaian serangan mereka lakukan untuk mengejar defisit gol. Usaha mereka pun akhirnya membuahkan hasil di menit ke-28.  Menyambut umpan terukur Rodrygo Goes, sundulan Benzema di depan gawang gagal diantisipasi oleh kiper City Ederson. Skor 1-1 bagi kedua tim.

Gol tersebut memberikan angin segar pada Madrid. Jika sebelumnya mereka dipaksa banyak bertahan, Madrid mulai bisa mengembangkan permainan. Permainan pun berjalan lebih seimbang karena kedua tim sama-sama memiliki kans untuk mencetak gol tambahan. Tapi saying, hingga babak pertama usai, skor 1-1 tak berubah.

Babak II

Memasuki paro kedua, City meningkatkan intensitas serangan. Jalannya pertandingan pun kembali didominasi tuan rumah. Bahkan, ketika babak kedua baru berjalan dua menit, Sterling hamper mencetak gol keduanya. Namun, kali ini sepakan jarak dekatnya masih mengenai kaki Courtois dan keluar.

Tak ingin jadi bulan-bulanan City, Madrid pun memberi perlawanan. Dengan mengandalkan pergerakan Rodrygo di sisi kanan, dan Eden Hazard di sisi kri, mereka mencoba untuk keluar.

Di menit ke-64, Benzema memiliki peluang untuk mencetak gol keduanya. Sayang, tembakan kerasnya dari sisi kiri kotak penalti masih mengarah tepat di pelukan Ederson.

Man City tak mau kalah. Melalui serangan cepat yang mereka bangun di menit ke-66, Gabriel Jesus memutar badan sambil melayangkan tembakan. Namun Courtois dengan sigap menangkisnya.

Tapi bencana datang tiga menit kemudian. Lagi-lagi Varane menjadi penyebab gol kedua Man City lahir. Ini setelah backpass dengan kepalanya ke Courtois terlalu lemah. Gabriel Jesus dengan cepat menyontek bola melewati Courtois yang berniat menutup ruang tembaknya. Skor 2-1 untuk keungggulan City.

Setelah gol tersebut, Madrid mencoba menambah daya gedornya di lini depan dengan memasukkan Marco Asensio, Lucas Vazques, diikuti Luka Jovic di 10 menit terakhir. Tapi upaya Zinedine Zidane tak menghasilkan apa pun, karena hingga laga berakhir, skor 2-1 untuk Man City tetap bertahan.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 07:45 WIB

Lapierre Aircode DRS, Upgrade Sepeda Aero Jadi Nyaman dan Laju

Gowes Bareng

Lapierre tidak hanya membuat sepeda lebih aerodinamis, geometri frame juga membuat posisi cyclist jadi lebih aero.

01 Oct 2020 07:36 WIB

Mendadak, Nasrudin Hoja Tak Dikenal

Humor Sufi

Humor sufi mengasah kepekaan diri

01 Oct 2020 07:25 WIB

Beda Nasib Chelsea dengan Duo Manchester di Piala Liga Inggris

Liga Inggris

Chelsea tersingkir dari Piala Liga Inggris, duo Manchester sukses.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...