Pengerjaan PIT di sisi timur Jalan Yos Sudarso. (Foto: Alief/ngopibareng.id)
Pengerjaan PIT di sisi timur Jalan Yos Sudarso. (Foto: Alief/ngopibareng.id)

Tes PIT Sisi Barat Rampung, Pemkot Langsung Garap Sisi Timur

Ngopibareng.id Surabaya 01 July 2019 18:45 WIB

Pengerjaan tes pile integrity test (PIT) di sisi barat jalan Yos Sudarso oleh Pemerintah Kota Surabaya pada Senin 1 Juli 2019 telah selesai.

Tes PIT berfungsi untuk mengetahui tata letak atau kedalaman infrastruktur dan jaringan bawah tanah yang ada di Jalan Yos Sudarso. Misalnya, kabel fiber optik, pipa PDAM, maupun utilitas kecil lainnya.

Proses pengerjaan di sisi barat tersebut lebih cepat dari jadwal yang ditentukan oleh Pemkot. Sebelumnya, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Kota Surabaya menargetkan per sisi akan dikerjakan dalam waktu masing-masing dua hari.

"Pengerjaan ini lebih cepat dari jadwal kami. Setelah dilakukan penggalian tidak ditemukan jaringan infrastruktur apapun. Jadi, yang seharusnya dikerjakan selama dua hari bisa dipersingkat menjadi sehari saja," ujar Kepala Bidang Bangunan dan Gedung DKPCKTR, Iman Krestian.

Iman menjelaskan, tes PIT dilakukan dengan cara penggalian tanah hingga kedalaman 2,5 meter. Hasilnya, tidak ditemukan kabel fiber optik, pipa PDAM ataupun utilitas lain.

Setelah tes PIT di sisi barat rampung, Pemkot langsung melakukan tes PIT di sisi timur Jalan Yos Sudarso. 

"Hari ini lalu lintas sudah normal. Insya Allah, galian akan kami normalisasi. Malam ini, langsung kami garap sisi timur," katanya.

Iman menyebut, sesuai dengan prediksi timnya, jaringan-jaringan PDAM dan PGN bakal ditemukan di sisi bagian timur Jalan Yos Sudarso.

Ia mengatakan, pengerjaan sisi timur akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan pengerjaan sisi barat Yos Sudarso. Beberapa vendor seperti fiber optic (FO) juga mengklarifikasi bahwa ia memasang utilitas di sisi timur Yos Sudarso.

Meski begitu, Iman akan berupaya melakukan pengerjaan PIT di sisis timur jalan Yos Sudarso secepat mungkin. Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan para vendor yang terkait untuk memindahkan jaringannya saat pelaksanaan pengerjaan basemen nanti.

"Kami upayakan lebih cepat, kalau sehari bisa selesai ya selesai. tujuannya kan identifikasi agar semua vendor siap-siap memindahkan jaringannya saat pelaksanaan pengerjaan basemen nanti," katanya. (alf)

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 21:45 WIB

DPRD Surabaya Minta Pemkot Cabut Izin Pasar di Eks Penjara Koblen

Surabaya

Sebab dalam UU dan Perda, tak ada aturan boleh untuk pasar.

24 Feb 2021 19:44 WIB

Bangkitkan Ekonomi, DPRD Minta Pemkot Surabaya Buka RHU

Surabaya

Untuk membangkitkan ekonomi dan pendapatan daerah.

23 Feb 2021 14:30 WIB

Jelang pelantikan Er-Ji, Fraksi PSI-Pemkot Siap Kolaborasi

Politik

Mereka ingin jadi mitra kerja yang kritis dan baik demi pembangunan Surabaya

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...