Sinyal Osvaldo Haay Tinggalkan Persebaya

12 Dec 2018 18:05 Liga Indonesia

Manajemen Persebaya tampaknya harus gigit jari. Usaha mereka untuk menggunakan jasa Osvaldo Haay pada kompetisi Liga 1 2019 besar kemungkinan kandas.

Setidaknya, sinyal itu ditunjukkan Osvaldo Haay lewat Insta Story pemain asal Papua ini. Di dalam unggahannya itu, pencetak 10 gol bagi Persebaya di Liga 1 2018 ini mengunggah sebuah foto pribadinya dengan menggunakan jersey Persib sambil mencium trofi pemain muda terbaik yang baru saja ia terima dari operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

Di Insta Story-nya, Osvaldo juga menuliskan kalimat "terlalu lama menunggu". Kalimat ini tampaknya menyindir keputusan manajemen Persebaya yang baru menyodorkan kontrak baru pada dirinya tepat setelah ia menerima penghargaan.

Lepasnya Osvaldo tentu sebuah kerugian bagi Persebaya. Pasalnya, pemain kelahiran Jayapura, 17 Mei 1998 ini merupakan aset potensial yang dimiliki Persebaya musim lalu.

Kendati sempat kurang berkembang paro pertama Liga 1 musim lalu, Osvaldo tampil tajam ketika mendekati akhir kompetisi. Salah satunya ketika ia mencetak hattrick ke gawang Persib Bandung.

Selain membukukan 10 gol, Osvaldo juga berkontribusi lewat banyak assist-nya. Osvaldo pun membantu Persebaya menjauh dari degradasi melalui penampilan impresifnya dalam beberapa pertandingan sebelum kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu selesai.

Pemain ini juga menjadi pengganti yang sempurna ketika striker utama Persebaya musim lalu, David da Silva absen. Osvaldo juga memiliki kecepatan dan kemampuan individu di atas rata-rata.

Andai kepergian Osvaldo benar, Persebaya dipastikan sudah kehilangan dua pemain pentingnya musim lalu. Karena sebelum Osvaldo, Fandry Imbiri juga sudah berpamitan.

Dan tak tertutup kemungkinan langkah ini juga akan diikuti sejumlah pemain asal Papua lainnya, salah satunya Ruben Sanadi yang juga dikabarkan bakal hengkang.

Foto Insta Storyvaldohaay
Foto: (Insta Story/@valdo-haay)

Bila kabar tersebut benar, Ruben akan menjadi pemain ketiga Papua di Persebaya yang akan hijrah ke klub lain. Bisa dipastikan pula Persebaya kembali kesulitan mencari pengganti bek sayap kiri yang tampil apik selama semusim ini.

Saking jempolannya penampilan pemain yang satu ini, tempatnya nyaris tak tergantikan, baik di era Angel Alfredo Vera maupun Djajang Nurdjaman.

Terlepas dari itu, saat dikonfirmasi soal perkembangan terbaru mengenai tawaran kontrak yang disodorkan manajemen Persebaya ke Osvaldo, pesan yang dikirim Ngopibareng via What'sApp, kepada manajer Persebaya, Candra Wahyudi, tak direspon.

 

Pesan yang diterima hanya dibaca, namun tak memberikan tanggapan apa pun. Ada kemungkinan, Candra tak menjawab karena kabar ini benar adanya. (Nas)

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini