Salah satu poster film horor Perempuan Tanah Jahanam karya Joko Anwar. (Foto: RAPI Films)
Salah satu poster film horor Perempuan Tanah Jahanam karya Joko Anwar. (Foto: RAPI Films)

Sinopsis Perempuan Tanah Jahanam: Misteri Masa Lalu Keluarga

Ngopibareng.id Film 31 December 2020 20:50 WIB

Spesial Liburan Tahun Baru di Trans 7 akan menayangkan film horor Perempuan Tanah Jahanam, Kamis 31 Desember 2020 pukul 22.00 WIB. Film yang dirilis pada September 2019 ini merupakan film horor kedua yang disutradarai dan ditulis langsung oleh Joko Anwar setelah Pengabdi Setan pada 2017 silam. Joko Anwar butuh waktu 10 tahun untuk mematangkan film tersebut.

Ide pembuatan film ini terjadi setelah berkontemplasi tentang fungsi anggota keluarga serta sejumlah mimpi buruknya selama ini. "Mimpi buruknya aku merasa ada di sebuah desa yang enggak aku kenal tapi banyak banget keanehan. Orang-orangnya juga berlaku enggak wajar. Hal itu aku jadikan film," cerita Joko Anwar saat peluncuran filmnya.

Perempuan Tanah Jahanam dibintangi Tara Basro, Marissa Anita, Christine Hakim, Ario Bayu, Asmara Abigail, Arswendy Bening Swara serta beberapa peran pendukung yang berasal dari kota-kota lokasi syuting. Film yang diproduksi Ivanhoe Pictures, CJ Entertainment, BASE Entertainment serta RAPI Films ini syuting di desa-desa sekitar Malang, Gempol, Lumbang, Bromo, Lumajang, Ijen dan Banyuwangi.

Sinopsis

Film ini menceritakan tentang keinginan Maya yang diperankan Tara Basro dalam mengungkap misteri keluarganya. Hal itu bermula ketika Maya mengalami permasalahan termasuk dalam pekerjaannya bersama dengan Dini (Marissa Anita). Masalah itu membuatnya ingin rehat sejenak dengan mengunjungi tanah leluhurnya.

Kunjungan itu dikarenakan Maya menerima kabar bahwa dirinya bisa menerima harta warisan apabila mengunjungi desa leluhurnya. Ia pun memilih untuk berkunjung ke desa leluhurnya nan terpencil dan terpelosok bersama Dini dengan harapan mengetahui keluarganya.

Maya terlihat tak mengenal betul keluarga atau desa leluhurnya. Dini, sebagai teman, menyoroti tentang orangtua yang meninggalkan harta ketika meninggal. Tak hanya itu, kehadiran mereka disambut dengan tatapan dingin dari warga sekitar.

Hanya berbekal rasa ingin tahu, Maya tak menyadari bahwa masyarakat sekitar sesungguhnya telah mencarinya dan berencana membunuhnya karena suatu hal.

Hingga pada suatu malam, Maya menemukan kenyataan rumit tentang masa lalu dan keluarganya yang membuat dirinya harus berjuang menyelamatkan hidup.

* Jadwal acara ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran stasiun televisi tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Mar 2021 14:05 WIB

Undika dan Dispendik Beri Pelatihan Animaker Pada Ratusan Guru

Pendidikan

Undika dan Dispendik Beri Pelatihan Animaker Pada Ratusan Guru

01 Mar 2021 13:30 WIB

Jatim Jadi Provinsi Terbaik Dalam Penanganan Konflik Sosial

Jawa Timur

Salah satu penilaianya, penangan Covid-19.

01 Mar 2021 13:28 WIB

Ada Kandungan Boraks, Pabrik Krupuk di Sidoarjo Digrebek Polisi

Kriminalitas

Polisi menggrebek pabrik krupuk di Sidoarjo.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...