Poster film Patriots Day. (Foto: Lionsgate)
Poster film Patriots Day. (Foto: Lionsgate)

Sinopsis Patriots Day: Kasus Bom Maraton Boston

Ngopibareng.id Film 17 January 2021 19:30 WIB

Bioskop Trans TV akan menayangkan film Patriots Day akan tayang Minggu, 17 Januari 2021 pukul 21.30 WIB. Kisah bermula ketika acara Boston Marathon sedang digelar. Sersan Tommy Saunders ditugasi untuk mengamankan lomba tersebut. Namun tiba-tiba, keramaian lomba berubah menjadi kepanikan massal kala dua bom meledak di tengah acara.

Film disutradarai oleh Peter Berg dan ditulis juga oleh Berg bersama Matt Cook, dan Joshua Zetumer. Film ini didasarkan pada buku Boston Strong oleh Casey Sherman dan Dave Wedge. Film berdurasi 133 menit ini dibintangi oleh Mark Wahlberg, Kevin Bacon, John Goodman, J.K. Simmons, Michelle Monaghan, dan Alex Wolff.

Patriots Day menandai kolaborasi ketiga antara Berg dan Wahlberg, setelah Lone Survivor dan Deepwater Horizon yang didistribusikan oleh CBS Films melalui Lionsgate. Film ini ditayangkan perdana pada 17 November 2016, di AFI Fest. Sementara di Boston, New York dan Los Angeles rilis pada 21 Desember 2016, diikuti oleh ekspansi nasional pada 13 Januari 2017.

Film ini termasuk kurang sukses untuk pendapatan box office, karena hanya memperoleh pendapatan sebesar 52 juta dolar AS di seluruh dunia terhadap anggaran produksi sebesar 45 juta dolar AS. Namun, Patriots Day menerima ulasan positif untuk Berg dan kinerja para pemerannya, serta dipilih oleh National Board of Review sebagai salah satu dari sepuluh film teratas 2016.

Rotten Tomatoes memberi skor 80 persen tomatometer, sementara versi audiens juga cukup bagus, yakni sebesar 86 persen. Di situs IMDb, film ini menerima rating 7,4 dari 10 bintang yang diberikan oleh lebih dari 86.769 penilai.

Sinopsis

Pada 14 April 2013, Sersan Tommy Saunders (Mark Wahlberg) menangkap seorang tersangka dan gagal meyakinkan Komisaris Ed Davis (John Goodman) untuk melepaskannya dari tugas hukuman pada hari berikutnya, bekerja di Boston Marathon. Selama maraton, kakak adik Dzhokhar (Alex Wolff) dan Tamerlan Tsarnaev (Themo Melikidze) meledakkan dua bom, sehingga menyebabkan kepanikan yang meluas.

Agen Khusus FBI yang Bertanggung jawab Richard DesLauriers (Kevin Bacon) ditugaskan untuk menyelidiki pemboman tersebut bekerja sama dengan Ed Davis, sementara Saunders mencari bukti dan membantu orang-orang terluka atau terpisah dari orang-orang tercinta dan keluarganya.

Analis FBI meninjau cuplikan pemboman dan mengidentifikasi Dzhokhar dan Tamerlan sebagai tersangka, tetapi DesLauriers enggan untuk merilis foto mereka kepada publik tanpa bukti lebih lanjut.

Akhirnya kaki tangannya dipaksa ketika foto-foto tersebut bocor ke pers, sementara orang-orang Sersan Polisi Watertown Jeffrey Pugliese (J.K. Simmons) mulai melakukan pencarian dari pintu ke pintu untuk pasangan itu. Dzhokhar dan Tamerlan membunuh perwira MIT Sean Collier (Jake Picking) dalam upaya gagal mencuri pistolnya.

Kemudian ada seorang mahasiswa mahasiswa pembajakan mobil Dun Meng (Jimmy O. Yang) yang mengatakan bahwa mereka melakukan pemboman maraton dan mereka berencana untuk melakukan pemboman lagi di New York City. Mereka lalu melarikan diri dari kejaran polisi dan mencari tempat-tempat perlindungan yang aman.

Saunders tiba di tempat kejadian, belajar tentang rencana Dzhokhar bersaudara, dan diberi nomor pelacakan GPS mobil curian itu, memimpin polisi ke pasangan itu, yang mengarah ke konfrontasi bersenjata.

Beberapa petugas terluka dalam baku tembak berikutnya, di mana Dzhokhar bersaudara menggunakan senjata api dan bom. Sementara Tamerlan menembak, Pugliese menembak pergelangan kakinya, melukainya dan menghalangi kemampuannya untuk mengumpulkan lebih banyak bahan peledak.

Tamerlan memerintahkan Dzhokhar untuk lari ke New York City untuk melanjutkan amukan, sementara dia bertahan terakhir. Ketika Tamerlan ditundukkan oleh polisi, Dzhokhar menabrak saudaranya dalam pelariannya, membunuhnya saat ia melarikan diri dalam kekacauan.

Sementara itu, istri Tamerlan Katherine Russell dan teman-teman kuliah Dzhokhar ditahan oleh FBI Hostage Rescue Team dan diinterogasi oleh High-Value Interrogation Group. Tapi Russell menolak untuk mengungkapkan pengetahuan apa pun tentang kegiatan ilegal suaminya.

Sementara teman-teman Dzhokhar tampak tidak menyadari rencananya, meskipun telah menemukan komponen bom di barang-barang miliknya. Seorang lelaki setempat bernama David Henneberry kemudian menemukan Dzhokhar bersembunyi di bawah selimut kapalnya dan memanggil polisi.

Dzhokhar dengan cepat dikelilingi dan ditangkap setelah perselisihan singkat, saat Saunders dan rekan-rekannya merayakan. Polisi Boston diundang untuk menghadiri pertandingan Boston Red Sox, di mana David Ortiz berterima kasih kepada mereka atas tindakan heroik tersebut.

* Jadwal acara ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran stasiun televisi tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Mar 2021 09:50 WIB

Impor 100 Ribu Ton Daging Sapi untuk Kebutuhan Bulan Puasa

Nasional

Pemerintah mengeluarkan izin impor daging sapi.

09 Mar 2021 09:25 WIB

Klasemen Liga Inggris, Chelsea Masuk Empat Besar

Liga Inggris

Chelsea kembali masuk jajaran empat besar di klasemen Liga Inggris.

09 Mar 2021 09:01 WIB

Mark Cavendish, Sprinter yang Belum 'Berakhir'

Gowes Bareng

Pernah 30 kali juara etape Tour de France.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...