Para pemain RB Leipzig saat merayakan gol Tyler Adams ke gawang Atletico Madrid. (Foto: Twitter/@DieRotenBullen)

Singkirkan Atletico Madrid, RB Leipzig Cetak Sejarah

Liga Champions 14 August 2020 04:56 WIB

RB Leipzig mencetak sejarahnya sendiri setelah menyingkirkan Atletico Madrid di perempat final Liga Champions 2019/2020 di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, lewat kemenangan 2-1. Hasil ini juga merupakan kejutan besar lantaran mereka tak difavoritkan menang di laga tersebut.

Dengan hasil ini, RB Leipzig akan menantang tim raksasa Prancis, PSG, yang lebih dulu lolos ke semifinal usai menyisihkan wakil Italia, Atalanta dengan skor 2-1 sehari sebelumnya.

Dua gol wakil Jerman ini dicetak oleh Dani Olmo di menit ke-51 dan Tyler Adams di menit ke-88. Sementara satu gol Atletico dihasilkan oleh Joao Felix melalui titik putih di menit ke-71.

Jalannya Pertandingan

Di awal babak pertama, RB Leipzig langsung tampil menyerang. Gebrakan pertama yang mereka lakukan nyaris membuahkan hasil ketika Marcel Halstenberg mendapatkan bola muntah di depan gawang Atletico. Sayang sepakannya masih melayang di atas mistar gawang.

Tak lama berselang, giliran Ateltico memiliki kans untuk membuat keunggulan melalui Stefan Savic. Memanfaatkan umpan tendangan bebas, Savic menyundul bola ke arah gawang. Namun, kiper Leipzig Peter Gulacsi berhasil mengamankannya.

Selepas peluang tersebut, Leipzig terus menekan. Sesekali Atletico melakukan serangan balik. Namun, kedua tim gagal mencetak gol di sepanjang 45 menit pertama. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Keluar dari ruang ganti, Leipzig tampil apik dan mampu membuka keunggulan lewat gol yang dicetak Dani Olmo pada menit ke-51. Penyerang sayap asal Spanyol itu menyundul bola hasil umpan tarik yang diberikan Marcel Sabitzer yang gagal dijinakkan oleh Jan Oblak.

Tertinggal 0-1, Atletico mencoba mengejar ketertinggalan. Keputusan Diego Simeone memasukkan Joao Felix menggantikan Hector Herrera terbukti ampuh. Faktanya, pemain Portugal itu mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-71 lewat titik putih setelah dirinya dilanggar oleh Lukas Klostermann di kotak terlarang. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Laga pun berjalan semakin sengit. Leipzig yang tampil atratktif akhirnya kembali memimpin lewat tembakan Adams pada menit ke-88 yang lebih dulu mengenai Stefan Savic sehingga berubah arah dan membuat Oblak mati langkah.

Atletico berupaya sekuat tenaga untuk menyamakan kedudukan di menit tersisa. Namun, usaha mereka terbuang percuma. Skor 2-1 untuk kemenangan Leipzig pun mengakhiri laga.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 10:54 WIB

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka? Ini Penjelasannya

Nasional

Kuota sudah penuh, namun akan dibuka lagi bila beberapa pendaftar mundur.

29 Sep 2020 10:37 WIB

Mengenal Anosmia Gejala Baru Covid-19

Kesehatan

Anosmia gejala kehilangan indra penciuman bagi pasien Covid-19.

29 Sep 2020 10:19 WIB

Empat Pemain Persebaya Positif Covid-19

Liga Indonesia

Presiden Persebaya, Azrul Ananda menyebut empat pemainnya Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...