Politisi Partai Gerindra Arief Poyuono. (Foto: Twitter)
Politisi Partai Gerindra Arief Poyuono. (Foto: Twitter)

Sindir KAMI dan KITA, Kelakar Deklarasi KAMU

Ngopibareng.id Human Interest 20 August 2020 22:15 WIB

Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) dideklarasikan di gedung Joeang, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Agustus. Sejumlah tokoh dan organ relawan serta elemen budayawan, pesantren dan habaib ikut hadir.

Diduga, KITA menandingi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang digagas dan dideklarasikan Din Syamsuddin dkk, pada Selasa 18 Agustus 2020. Aksi ini viral karena dihadiri Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair al-Shun.

Terlepas dari isu tandingan deklarasi KAMI dan KITA, politisi Partai Gerindra Arief Poyuono rupanya tak mau ketinggalan isu hangat ini. Ia pun dikabarkan bersiap akan menggelar deklarasi tandingan.

Ternyata, Arief Poyuono hanya berkelakar. Ia mengajak pegiat media sosial Denny Siregar untuk membuat gerakan tandingan bernama KAMU. Jika KAMI mengundang Dubes Palestina, maka KAMU akan mengudang Dubes China.

"Deklarasi KAMI hebat ya bisa mendatangkan Dubes Palestina. Nanti KAMU deklarasi akan mengundang Dubes RRC juga ahh, biar dapat untung Minggu depan Yuk kita Deklarasi KAMU," tulis Arief melalui Twitter @bumnbersatu, Kamis 20 Agustus 2020.

Arief Poyuono juga menandai akun Twitter resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) @jokowi dan @Dennysiregar7.

Belakangan, Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair al-Shun mengaku salah. Ia mengira undangan yang diterimanya untuk perayaan HUT ke-75 RI. Undangan itu dikirim oleh Din Syamsuddin yang merupakan Ketua Prakarsa Persahabatan Indonesia-Palestina sekaligus inisiator KAMI.

"Kami ingin menegaskan bahwa partisipasi kami berdasarkan pada pemahaman bahwa acara tersebut adalah acara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia dan bukan yang lainnya," kata Zuhair, Rabu 19 Agustus 2020

Zuhair yang datang hanya lima menit di lokasi deklarasi KAMI, Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat itu, menegaskan bahwa palestina bukan bagian dari dan tidak akan menjadi bagian dari kegiatan politik di Indonesia

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Oct 2020 09:55 WIB

Bursa Calon Pimpinan BPJS Kesehatan Ada Eks Jubir Satgas Covid-19

Nasional

Nama eks Jubir Satgas Covid masuk bursa calon pimpinan BPJS Kesehatan.

20 Oct 2020 09:37 WIB

Musim 2021: Bianchi, Cervelo, dan Scott Pindah Tim

Gowes Bareng

Tiga tim besar WorldTour mengumumkan partner sepeda untuk musim 2021.

20 Oct 2020 09:15 WIB

Tipu Pencairan Dana Hibah Madrasah, KPK Gadungan Dibekuk Polisi

Kriminalitas

Tipu daya penyidik Tipikor Polda Jatim sekaligus anggota KPK gadungan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...