Anggota DPRD Surabaya M. Machmud, soal Dewan Kesenian Surabaya. (Ngobar)

Sikap Disbudpar Soal Dewan Kesenian Surabaya Sudah Benar

Seni dan Budaya 30 December 2019 12:14 WIB

Sikap Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya yang tidak mengakui Musyawarah DKS dan hasil-hasilnya, mendapat dukungan dari anggota DPRD Kota Surabaya Komisi A yang membidangi hukum dan pemerintahan, Mochamad  Machmud.

“Sikap pemerintah kota dalam hal ini Disbudpar pasti punya dasar hukum dan alasan yang  kuat. Maka  saran saya kepada Kepala Dinas Budpar Surabaya. Jangan Ragu untuk menegakkan kebenaran,” kata Machmud, panggilan akrabnya kepada Ngopibareng.id, Senin siang.

Menurutnya, yang namanya musda, muscab atau apa istilahnya,  pasti ada aturannya. “Mulai dari perijinan, undangan peserta sampai urusan lainnya, semestinya dikoordinasi dengan jajaran samping, termasuk Pemkot.  Berkoordinasi dan berkomunikasi dulu, sehingga ada saran atau masukan dari  pemerintah agar menjadi proses pemilihan pengurus yang sempurna,” tambahnya.

"Jika memang Pemkot merasa ada  yang janggal, ya harus  hati-hati. Bagaimana pun Pemkot Surabaya adalah yang  mengeluarkan dana pengembangan kesenian di Surabaya, masak diabaikan begitu saja," tanya Machmud.

Jika Pemkot sudah tidak  mengakui, sedangkan pengurus DKS  cuek dan mengabaikan sikap Pemkot ini, maka sudah  pasti Pemkot tidak  akan mau mengeluarkan anggaran apa pun. Dampaknya, sudah  bisa dipastikan nasib kesenian dan nasib seniman surabaya ke depan akan makin suram, katanya.

“Jika pengurus DKS yang  baru terpilih bersikukuh dengan  sikapnya,  maka DKS sendiri yang akan jadi korban, nasib DKS akan  makin kelam. Diakui atau tidak,  kesenian juga butuh anggaran pengembangan, pembibitan dan lainnya. Pemkot punya kewajiban untuk membantu anggarannya, tetapi yang dibantu itu juga harus menyadari posisinya,” kata mantan pemimpin redaksi Harian Memorandum ini. (nis)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Mar 2020 18:30 WIB

Covid-19 Masuk Indonesia, Malang Tetap Buka Kedatangan Wisman

Destinasi

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Malang masih minim

25 Feb 2020 20:30 WIB

DKS Nilai Alun-alun Surabaya Ambigu

Pemerintahan

DKS angkat bicara soal proyek alun-alun Surabaya.

15 Jan 2020 05:15 WIB

PARFI Banyuwangi Tidak Tahu Ajang Cosplay Gandrung Berwajah Zombi

Seni dan Budaya

Polemik cosplay penari Gandung berwajah zombi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.