Penyerang Liverpool, Roberto Firmino saat berlatih di Melwood. (Foto: Twitter/@LFC)

Siaran Premier League Digratiskan Bila Kompetisi Dilanjutkan

Liga Inggris 21 May 2020 08:05 WIB

Siaran beberapa pertandingan Premier League akan disalurkan ke kanal-kanal gratis bila kompetisi dilanjutkan. Potensi itu disampaikan oleh Menteri Kebudayaan Inggris, Oliver Dowden pada Kamis 21 Mei 2020 waktu setempat.

Kompetisi kasta tertinggi di Inggris itu telah ditangguhkan sejak Maret 2020 lalu karena pandemic Covid-19. Saat ini, pemerintah Inggris memberikan lampu hijau bagi otoritas sepak bola Inggris untuk melanjutkan kompetisi.  

Dowden mengatakan, hak pemegang hak siar tak akan dilanggar, tetapi ada celah dari aturan yang selama ini melarang kanal gratis menyiarkan pertandingan demi mendorong suporter ke stadion. Namun dalam situasi kekinian, hal itu dianggap tak lagi relevan.

"Saya pikir itu membuka kesempatan bagi kami untuk membuat sejumlah pertandingan olahraga, termasuk Premier League, bisa disaksikan melalui saluran gratis," ujar Dowden dilansir dari Antara.

Mayoritas hak siar Premier League saat ini dimiliki oleh Sky, yang berada di bawah kepemilikan Comcast, dan BT Sport, beberapa bagian lainnya juga dimiliki Amazon.

Selain kompetisi paling elit, Sky juga memiliki hak siar untuk kompetisi kasta kedua hingga keempat, serta Liga Premier Skotlandia, yang sudah diputuskan dihentikan dengan Glasgow Celtic dinobatkan sebagai juaranya..

"Pembicaraan berlangsung bersama Premier League, EFL dan FA. Saya harap kami bisa menemukan solusi baik bersama," kata Dowden.

Klub-klub Premier League pekan ini sudah mulai berlatih lagi dalam kelompok kecil di fasilitas tim masing-masing, kendati juga ditemukan enam kasus positif Covid-19 di antara 748 sampel yang dites.

Lanjutan Premier League sendiri direncanakan akan kembali diputar mulai 12 Juni mendatang.Liverpool akan mengawali laga dengan keunggulan 25 poin atas Manchester City yang berada di urutan kedua. The Reds hanya butuh dua kemenangan untuk memastikan gelar juara kompetisi 2019/2020 menjadi milik mereka.  

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 03:45 WIB

Empat Hal Terkait Shalat Jumat di Masa New Normal, Dua Gelombang

Islam Sehari-hari

Penjelasan Ustadz Ma'ruf Khozin, Direktur Aswaja NU Center Jawa Timur.

05 Jun 2020 02:00 WIB

Sinopsis Touch Your Heart: Jung Rok dan Yoon Seo Pacaran Lagi

ngopiK-pop

Jung Rok dan Yoon Seo kembali menjalin asmara secara diam-diam.

05 Jun 2020 01:36 WIB

Rasisme, Memang Jadi Dosa Asal Amerika (2)

Khazanah

Refleksi Imam Shamsi Ali, Direktur Jamaica Muslim Center

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...