Pemain Korea Selatan tertunduk usai kalah menyakitkan dari Swedia. foto:fifa

Sial..!! Lawan Swedia, Korsel Dikalahkan VAR

18 Jun 2018 21:17

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Nasib siap harus dialami Korea Selatan saat menghadapi Swedia pada laga perdana penyisihan Grup F Piala Dunia di Nizhny Novgorod, Senin malam 18 Juni 2018. Tim Negeri Ginseng itu kalah 1-0.

Yang menyesakkan dada pemain Korsel, satu gol Swedia dibantu oleh video asisten wasit (VAR). Gol yang dicetak lewat tendangan penalti kapten Swedia, Granqvist merupakan gol yang diberikan wasit setelah melihat.

Padahal, sepanjang pertahanan Korsel yang dianggap satu penggembira mampu memberikan perlawanan sengit. Terlihat dari pengusaaan bola yang tidak berbeda mencolok, 43 persen berbanding 57 persen.

Di babak pertama, Swedia membuka peluang pertama di menit 20. Tendangan Bergn di mulut gawang masih membentur kaki penjaga gawang Hyeon Woo Jo.

Di babak kedua, kedua tim mulai saling serang. Lewat serangan balik, Korea Selatan mengancam lewat Jacheol Koo di menit ke-51. Namun, upaya sundulannya masih meleset tipis dari penjagaan kiper Olsen.

Swedia pun tak mau kalah. Berawal dari tendangan bebas yang dilepaskan Larsson, Claesson yang menerima umpan dari rekannya itu, menyundul bola mengarah ke gawang Korea Selatan.Namun, kiper Hyeon Woo Jo dengan sigap mampu mengamankan bola,

Petaka datang, gol yang ditunggu-tunggu Swedia tiba dimenit ke-65. Gol tersebut lahir ketika wasit menunjuk titik putih lewat tayangan Video Assistant Referee (VAR), yang menganggap pemain dari Korea Selatan melanggar pemain Swedia di kotak terlarang.

Kapten Swedia, Granqvist yang ditunjuk sebagai algojo, sukses menuntaskannya menjadi gol. Skor 1-0. Gol dari Granqvist sekaligus mengakhiri pertandingan dengan kemenangan Swedia atas Korea Selatan dengan skor 1-0.

Sebelum laga berakhir, Korsel sempat melakukan protes karena pemain belakang Swedia menyetuh bola dengan tangan di kotak penalti. Namun wasit bergeming. Sialnya tidak mau menengok VAR seperti kejadian penalti yang diberikan kepada Swedia. Sial..!!