Shin Tae-yong, pelatih baru Timnas Indonesia. (Foto: REUTERS)
Shin Tae-yong, pelatih baru Timnas Indonesia. (Foto: REUTERS)

Shin Tae-yong Digaji PSSI Rp2 Miliar?

Ngopibareng.id Timnas 26 December 2019 18:55 WIB

Shin Tae-yong dilaporkan akan menerima gaji dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) hampir Rp2 miliar per bulan. Wakil ketua umum PSSI, Cucu Soemantri, mengonfirmasi bahwa gaji Tae-yong tidak berbeda jauh dari Luis Milla saat menangani Timnas Indonesia.

Besaran gaji Luis Milla ketika menjadi pelatih Timnas Indonesia disebut mencapai 80 ribu euro atau sekitar Rp1,5 miliar per bulan termasuk pajak. Artinya, gaji yang diterima Shin Tae Yong diperkirakan tidak jauh dari yang didapat pelatih asal Spanyol itu sebelumnya.

“Gaji Tae-yong hampir sama dengan Luis Milla. Lihat saja nanti saat teken kontrak," kata Cucu.

Shin Tae-yong dijadwalkan akan menandatangani kontrak pada Jumat 27 Desember 2019. Namun, jurnalis asal Korea Selatan yakni Steve Han mengatakan, pelatih 50 tahun itu akan menandatangani kontrak di Stadion Pakansari, Bogor, pada Sabtu 28 Desember 2019.

Melihat besarnya gaji yang diterima, Shin Tae-yong pun tidak main-main. Pelatih yang membawa Seongnam Ilwa Chunma jawara Liga Champions Asia 2010 itu berambisi menjadikan Indonesia sebagai tim nasional yang tangguh.

Sebelum menangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mencatatkan berbagai prestasi. Selain merebut trofi Liga Champions Asia 2010, Piala FA 2011 dan EAFF (Piala AFF-nya Asia Timur), ia mencetak sejumlah prestasi di level U-20 dan U-23.

Shin Tae-yong mengantarkan Timnas Korea Selatan U-23 lolos ke perempatfinal Olimpiade 2016. Setahun berselang, giliran Korea Selatan U-20 yang dibawa Shin Tae-yong melaju ke 16 besar Piala Dunia U-20 2017.

Sebelum tanda tangan kontrak dengan PSSI, Shin Tae-yong sempat mendapatkan tawaran dari klub China, Shenzen FC. Tapi, menurut pemberitaan Yonhap News Agency, Shin Tae-yong menolak tawaran tersebut dan memilih merapat ke Indonesia.

"Kursi pelatih Indonesia cukup panas. Ini waktunya untuk bekerja. Kami berada pada tahap akhir negosiasi. Ini adalah langkah terakhir," demikian pernyataan Shin Tae-yong.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 11:36 WIB

Pelantikan 17 Kepala Daerah di Jawa Timur Dibagi Tiga Sesi

Jawa Timur

Pelantikan hanya dihadiri kepala daerah, para undangan secara daring.

25 Feb 2021 11:26 WIB

34 Ketua DPD Ikrar Dukungan ke AHY, Tutup Peluang KLB

Politik

Ikrar kesetiaan 34 ketua partai tingkat daerah atau DPD untuk AHY.

25 Feb 2021 11:15 WIB

Ini 4 Catatan Penting Man City Usai Tundukkan Monchengladbach

Liga Champions

Man City mengukir sejumlah rekor setelah mengalahkan wakil Jerman itu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...