Sheet Mask, Masker Wajah dari Korea yang Mendunia

05 Nov 2019 10:15 Kesehatan

Sesuai dengan namanya, sheet mask adalah masker tisu untuk wajah yang memiliki lubang pada bagian mata, mulut, dan hidung. Sheet mask terbuat dari serat, kapas, selulosa, atau bubur kelapa.

Sheet mask hadir dengan cairan dari bahan-bahan yang dapat membuat kulit wajah lebih segar, lembab, dan sehat.

Awalnya, sheet mask berasal dari Jepang dan Korea Selatan. Dua negara yang terkenal akan kosmetik dan perawatan kecantikan itu telah memberi dampak yang cukup besar dalam industri kecantikan.

Sheet mask pun sukses mendunia. Berdasarkan riset yang dilakukan NPD Group, penjualan sheet mask di Amerika Serikat meningkat hingga 60% seiring semakin populernya masker tisu tersebut.

Sheet mask banyak dipilih karena dapat membuat kulit menjadi lebih tenang. Sheet mask berfungi untuk mengunci kandungan-kandungan baik yang ada dalam kulit.

Sama seperti tubuh manusia, kandungan utama dalam sheet mask adalah air. Sheet mask juga biasanya mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat atau peptida. Bahan-bahan ini berfungsi sebagai kandungan utama selain air.

Asam hialuronat yang sejatinya adalah zat alami di dalam tubuh berfungsi mengikat lebih banyak air di dalam sel supaya kulit lebih kenyal, lembap, dan segar. Sedangkan peptida adalah komponen protein yang terdiri atas 3-20 asam amino. Protein kecil dan molekul aktif ini bisa ditemukan di dalam kolagen.

Dikutip dari The Cut, Dr. Lancer menjelaskan bahwa sheet mask sangat baik untuk membuat kulit beristirahat setelah seharian terpapar makeup atau sinar matahari. Dengan kandungan bahan-bahan yang dapat melembabkan, mencerahkan, dan anti penuaan, sheet mask bisa membuat kulit menjadi lebih kenyal, cerah, dan bercahaya.

Hanya dalam waktu pemakaian sheet mask yang singkat, yaitu 10 hingga 12 menit kulit akan terlihat lebih sehat dan segar. Sehingga bisa membuat kulit lebih lembab dengan cepat.

5 Sheet Mask yang sempat booming:

1. SNP Animal Mask

Motifnya yang lucu berbentuk beragam binatang lucu seperti panda, harimau, naga, dan lainnya. Setiap motif binatang memiliki fungsi yang berbeda-beda misalnya pada mask panda yang berfungsi untuk mencerahkan kulit serta mengurangi kekusaman kulit, ada juga yang berfungsi untuk menhindari penuaan dini, menghilangkan keriput serta meningkatkan elasitas kulit. Harga untuk produk ini pun sangat terjangkau yakni berkisar Rp 15.000 untuk satu varian.

2. Innisfree It’s Real Squeeze Mask

Terdapat 16 varian dari sheet mask murah ini antara lain Green Tea (melembapkan, menjernihkan kulit dan menangkan kulit), Bamboo (menghidrasi dan melembabkan), Brightening Lime (mencerahkan, memutihkan dan melembabkan), Pomegranate (kulit kenyal dan mencerahkan), Acai Berry (kulit tampak awet muda), Manuka Honey (menutrisi dan melembabkan), Strawberry (melembutkan kulit dan mencerahkan kulit) dan varian buah lainnya disesuaikan dengan jenis kulit.

3. Etude House

Terdapat 15 varian dari produk ini antara lain, Snail (smooth firming), Manuka Honey (richly moisturizing), Lotus (soothing and purifying), Blueberry (skin firming and radiance), Hyaluronic acid (moisturizing), Pearl (bright complexion), Pomegranate (revitalizing radiance), Damask rose (fresh moisture), Korean strawberry (skin brightening),Aloe (soothing relief), Collagen (skin firming), Teatree (soothing & clean), Ceramide (deep moisturizing), Snail (smooth firming), Lemon (tone clarifying), Greentea (soothing & relief).

4. Real Nature dari The Face Shop

Terdapat 15 varian antara lain, White Tea (brigthten and clear skin tone), Red Ginseng (boosting skin energy & vitality), Goji Berry (moisutrise flaky & dehydrated skin), Longan (revitalize & nourishes tired skin), Lily (brightens & revitalizes dull skin), Green Tea (soothes skin irritated by environmental stressors, refreshing and revitaliizing it), Lingzhi (firming & improving the resilience of sagging skin), Peony (provides skin with illuminating radiance), Lotus (moisturizing & boost skin radiance), Calendula (smooth dry, rough & dead surface cells)

5. Tony Moly

Masker Tony Moly ini bebas dari paraben dan pemutih sehingga aman digunakan untuk tipe wajah sensitif. Terdapat 9 varian yakni placenta (strengthening skin barrier), propolis (skin soothing), pearl (brightening), red ginseng (shine), shea butter (moisturizing), hyaluronic acid (hydrating), snail (skin damage care), caviar (nutrition), collagen (elasticity).

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini