Logo aplikasi SHAREit. (Foto: SHAREit)
Logo aplikasi SHAREit. (Foto: SHAREit)

SHAREit Tanggapi Isu Kerentanan Keamanan Aplikasinya

Ngopibareng.id Aplikasi 21 February 2021 21:12 WIB

Trend Micro melaporkan temuan sbuah bug berbahaya yang belum ditambal selama tiga bulan pada aplikasi SHAREit. Bug tersebut dapat dieksploitasi untuk menjalankan kode berbahaya pada smartphone yang memasang aplikasi SHAREit.

Selain itu, lanjut Trend Micro, bug ini juga dapat membajak fitur sahnya untuk menjalankan kode khusus, menimpa fail lokal aplikasi, atau menginstal aplikasi pihak ketiga tanpa sepengetahuan pengguna.

Trend Micro juga mengklaim, SHAREit juga dianggap rentan terhadap serangan Man-in-the-Disk, yang bisa mengakses penyimpanan, dan bisa mengedit, menghapus, atau mengganti fail di dalam smartphone.

Menanggapi laporan tersebut, SHAREit akhirnya angkat bicara soal potensi kerentanan keamanan dalam aplikasi untuk berbagi dan menerima fail itu.

Pihak SHAREit mengaku sudah mengetahui adanya laporan dari Trend Micro, sejak15 Februari 2021 lalu. Dalam keterangan resminya, SHAREit mengaku langsung merespon laporan potensi kerentanan tersebut.

Aplikasi di bawah naungan Smart Media4U Technology itu, langsung bekerja dengan cepat untuk menginvestigasi laporan ini. Hasilnya, SHAREit telah merilis patch untuk mengatasi potensi kerentanan yang disebutkan Trend Micro.

Dengan merilis patch tersebut, pengguna SHAREit sebaiknya terus melakukan pembaruan aplikasi ketika ada pemberitahuan khusus.

"Keamanan aplikasi kami dan data pengguna merupakan hal yang terpenting bagi kami. Kami senantiasa berkomitmen untuk melindungi keamanan dan privasi pengguna, serta melakukan pembaruan aplikasi secara berkala guna mengantisipasi berbagai ancaman keamanan," jelas SHAREit.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 06:58 WIB

Messi Bintang Lapangan, Barcelona Raih 3 Poin di Markas Sevilla

Liga Spanyol

Messi mencetak satu gol dan satu assist saat Barca menumbangkan Sevilla 2-0

28 Feb 2021 06:25 WIB

Verona Gagalkan Kemenangan Juventus

Liga Italy

Verona berhasil menahan imbang Juventus 1-1.

28 Feb 2021 05:50 WIB

Dipenjara 20 Hari, Nurdin Ngaku Tak Tahu Suap: Demi Allah!

Korupsi

Nurdin Abdullah melimpahkan kesalahan kepada Sekretaris PUPR Sulsel.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...