Pelaku pencabulan di bawah umur yang juga youtuber asal Banyuwangi dikawal anggota provost Polresta Banyuwangi (Foto: Hujaini/ngopibareng.id)

Setubuhi Anak di Bawah Umur, Youtuber Banyuwangi Diciduk Polisi

Kriminalitas 24 March 2020 17:27 WIB

Seorang youtuber asal Banyuwangi ditangkap polisi. MR, 20 tahun, warga Banyuwangi ditangkap di rumahnya atas dugaan melakukan pencabulan anak di bawah umur.

Kasus ini berawal dari patroli siber Satuan Reskrim Polresta Banyuwangi. Dari kegiatan itu polisi mendapati MR memposting video berciuman dengan seorang perempuan berhijab. Polisi menyebut video berciuman itu diposting pada akun Instagram pelaku.

"Kita mencoba untuk melihat, awalnya dari IG kemudian kita kembangkan. Rupanya sudah banyak tersebar di media sosial. Kemudian kita mengecek mengenai siapa orang tersebut," kata Kapolresta Banyuwangi, Kombespol Arman Asmara Syarifuddin, Selasa, 24 Maret 2020.

Dari keterangan MR video merupakan adegan mesranya dengan sang pacar. Video tidak pantas tersebut memang sengaja diupload ke media sosial agar terkenal.

"Pengakuan tersangka mengupload video tersebut dengan sadar dan benar orangnya, wanitanya," kata Arman.

Kapolresta menjelaskan gadis dalam video tersebut masih di bawah umur. Berdasarkan pengakuan tersangka, gadis itu sudah pernah disetubuhi sekitar dua minggu yang lalu.

"Kemudian, untuk mendapatkan si wanita ini yaitu dengan cara mengiming-imingi akan menikahi korban sehingga si wanita takluk kepada dirinya," katanya.

Tersangka dijerat dengan pasal berlapis yakni pasal 45 Jo pasal 27 ayat (1) Undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang RI nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik atau pasal 29 jo pasal 4 ayat (1) undang-undang nomor 44 tahun 2008 tentang pornografi.

"Dan pasal 81 ayat (1) atau ayat (2) undang-undang  RI nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak menjadi Undang-undang," katanya.

 

Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin menunjukkan barang bukti kasus persetubuhan yang dilakukan youtuber Foto  HujainiNgopibarengidKapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin menunjukkan barang bukti kasus persetubuhan yang dilakukan youtuber (Foto : Hujaini/Ngopibareng.id)

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Mar 2020 19:50 WIB

Mengaku Bisa Gandakan Miliaran Rupiah, Dukun Palsu Ditangkap

Kriminalitas

Tergoda penggandaan uang, warga Banyuwangi tertipu ratusan juta.

29 Mar 2020 18:15 WIB

Tawarkan Jasa Kencan via Medsos, 2 Wanita Surabaya Ditangkap

Kriminalitas

Tarif sekali kencan Rp 3 juta

27 Mar 2020 18:20 WIB

Polisi Temukan Palu dan Linggis di Luar Pagar Sekolah

Kriminalitas

SD dan Korwilker Satdik dibobol maling.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.